Kedua pelaku pencurian sarang walet saat digiring petugas menuju ruang tahanan


Prabumulih, Laparta News - Apes dialami oleh dua pelaku pencurian ini yakni, Alexander (37) warga Jalan Nusa, Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur, dan Hendri Dinata (44) warga jalan Arimbi Kelurahan Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur. Keduanya harus babak belur dihajar warga lantaran kedapatan melakukan aksi pencurian sarang burung walet.

Beruntung nyawa kedua pelaku selamat setelah anggota Timsus Gurita Polres Prabumulih menangkap dan mengamankan pelaku. Namun, salah satu pelaku yakni Hendri Dinata harus mengalami luka pada bagian pantat dan patah kaki kiri lantaran melompat dari atas gedung dan tertusuk pagar besi.

Informasi yang dihimpun, aksi pencurian yang dilakukan kedua pelaku terjadi pada Kamis (7/6) sekitar pukul 02.00 WIB. Kedua pelaku bersama satu rekannya yang berhasil kabur (DPO) mencuri sarang walet milik korban Franseda (38) di toko ABC Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Pasar, Kecamatan Prabumulih Barat.

Sialnya aksi yang dilakukan tiga kawanan ini diketahui oleh warga sekitar TKP. Masyarakat pun kemudian menghubungi pemilik ruko dan mengepung ketiga pelaku.

Satu pelaku kabur, namun dua pelaku berhasil ditangkap warga. Tak pelak, kedua pelaku menjadi bulan-bulanan warga yang kesal dengan ulahnya.

Petugas yang mendapatkan laporan tersebut langsung mendatangi lokasi kejadian dan mengamankan kedua pelaku. Dari tangan para pelaku petugas juga mengamankan barang bukti berupa jangkar yang terpasang di seutas tali sepanjang 15 meter, 1 buah Tas Dukung warna hitam, Karung berisi walet dengan berat lebih kurang 1/2 kilo, sebilah Pisau, Skrap besi untuk mengambil walet serta 3 buah senter.

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travaolta Hutauruk SIK MH yang dikonfirmasi melalaui Kasat Reskrim AKP Eryadi Yuswanto SH MH membenarkan penangkapan kedua tersangka akibat melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

"Kedua tersangka tertangkap basah saat melakukan aksi pencurian di Gedung Walet Toko ABC. Saat ini keduanya masih dalam proses penyidikan lebih lanjut," ujar AKP Eryadi Yuswanto.

Dari keterangan kedua pelaku, mereka beraksi pada pukul 22.00 wib. Saat itu ketinganya naik ke lantai paling atas toko ABC dengan menggunakan seutas tali dan jangkar besi.

"Kami beduo diajak oleh UT (DPO). Baru kali ini kami maling sarang walet. Kami tegiur kareno hasilnyo menjanjikan, tapi dak taunyo aksi kami diketahui warga dan kami beduo tertangkap. Sedangkan UT berhasil kabur," katanya. (LN 01)


Posting Komentar