Subscribe Us

Bermodalkan KTP, Warga Sumsel Masih Bisa Berobat

Gubernur Sumsel didampingi Wakil Gubernur dan Kepala BPJS Kesehatan saat melakukan penandatangan nota kesepakatan di Ballroom Hotel Swarnadwipa 
#Gubernur  Sumsel Tekan MoU dengan BPJS

Palembang, Laparta News - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru  melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Badan Penyelengara Jaminan Sosial  Kesehatan tentang  Kesepakatan Program Jaminan Kesehatan Nasional  bagi Penduduk Sumatera Selatan.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan dalam rangkaian Penyerahan DIPA petikan, Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2019. Bertempat di Ballroom Hotel Swarnadwipa Palembang, Selasa (18/12).

Dengan telah dilakukannya penandatanganan kesepakatanan ini  Gubernur  meminta Bupati/Walikota di Sumsel menindaklanjuti kesepakatan  tersebut dengan melakukan perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan setempat untuk mencapai cakupan semesta (universal Health Converage/UHC)  selambat-lambatnya enam bulan sejak penandatanganan kesepakatan bersama.

“Ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan,” ungkap HD.

Dijelaskan HD dalam Perpres tersebut diatur bahwa Pemerintah Daerah yang menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Daerah wajib mengintegrasikan ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS.

“Konsekuensinya dari ada Perpres tersebut maka jaminan kesehatan daerah di Sumsel yang selama ini dikenal dengan Jamsoskes, telah diintegrasikan ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional mulai 1 Januari 2019,” tambahnya.

Herman Deru meminta dimasa transisi ini seluruh rumah sakit dan puskesmas di Sumatera Selatan tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat  tidak mampu yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan belum menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Provinsi Sumatera Selatan.

“Bagi masyarakat  tidak mampu dan belum memiliki kartu  peserta BPJS  tetap dapat berobat. Cukup  dengan menunjukan KTP. Karena itu pihak rumah sakit dan puskesmas  kita minta dapat memberikan pelayanan secara maksimal,” tandasnya. (Red/Ril)

Posting Komentar

0 Komentar