Sejumlah pasangan yang mengikuti kegiatan itsbat nikah saat menerima buku nikah dari Pengadilan Agama Kayuagung


INDRALAYA, Laparta News - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kayuagung dan Kemenag Ogan Ilir, Selasa (19/03/2019) menggelar kegiatan Itsbat Nikah. Kegiatan ini diikuti sebanyak kurang lebih 300 pasangan 16 Kecamatan di Ogan Ilir. Digelar di Gedung Serbaguna Caram Seguguk Komplek Pemda Lama Jalan Lintas Timur (Palembang-Kayuagung Km 35).

Kegiatan Itsbat nikah ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pada 19 - 21 Maret. Istbat nikah ini sedniri dipimpin langsung oleh hakim yang bertugas dari Pengadilan Agama Kayuagung sebanyak 8 orang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Ilir Akhmad Lutfi S.Sos, M.Si mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan dan untuk mensukseskan Program Bupati  OI HM. Ilyas Panji Alam SH, SE, MM dalam ketertiban Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Ogan Ilir.

"Kegiatan ini untuk mensukseskan Program Bupati OI dalam ketertiban (adminduk) terutama pencatatan pernikahan. Bagi pasangan yang sudah memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pengadilan selain mendapatkan buku nikah juga mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang sudah diperbaiki," katanya disela-sela kegiatan tersebut.

Senada dikatakan oleh Ketua Pengadilan Agama OKI-OI Drs. Ikhsan SH, MA sangat mendukung Program Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam mengadakan kegiatan itsbat nikah ini dan pihaknya siap bekerjasama di tahun-tahun berikutnya.

"Tentunya dengan melakukan pendataan terlebih dahulu kepada setiap pasangan yang akan melakukan itsbat nikah. Data yang sudah terpenuhi akan kita tampung untuk mengikuti kegiatan ini. Melalui kegiatan ini maka tidak hanya sah secara agama namun mereka juga sah secara hukum dan negara," bebernya.

Sementara itu, Nurma (61) tahun merupakan salah satu peserta  yang berasal dari Kelurahan Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Pinang, sangat berterima kasih kepada Bupati OI karena dengan adanya kegiatan ini sangat terbantu.

"Apalagi buku nikah merupakan salah satu administrasi yang banyak di perlukan dalam mengurus berbagai hal, seperti anak sekolah dan persyaratan haji ataupun umroh," imbuhnya. (LN 03)

Posting Komentar