(Foto net)

Prabumulih, Laparta News - Jelang lebaran biasanya sering didapati uang palsu beredar di masyarakat. Untuk itu, Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada dalam menerima uang.

Kapolres menjelaskan, banyak cara yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dalam mengedarkan uang palsu. Untuk itu dirinya berpesan agar uang yang diterima terlebih dahulu diperiksa untuk mengetahui apakah uang tersebut asli atau palsu.

"Khususnya kepada pedagang, karena biasanya modus pelaku untuk menyebarkan uang palsu adalah dengan menukar atau berbelanja. Untuk itu sebaiknya berhati-hati agar tidak menjadi korban," ujar Tito saat dikonfirmasi wartawan belum lama ini.

Lebih lanjut Tito menuturkan, peredaran uang palsu memang perlu diwaspadai mengingat aksi itu biasanya kerap terjadi saat jelang lebaran. Apalagi perputaran uang jelang lebaran sangat tinggi, sehingga moment tersebut dijadikan kesempatan bagi pelaku penyebar uang palsu.

"Secara kasat mata uang asli dengan uang palsu hampir serupa. Namun sangat mudah diketahui setelah dipegang. Tinggal dilihat, diraba dan diterawang. Ini adalah cara sederhana untuk mengetahui apakah uang yang kita terima asli atau palsu," terangnya.

Kepolisian meminta kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan, agar bisa menukarkan di tempat-tempat resmi jangan sampai dapat merugikan diri sendiri.

"Sejauh ini belum ada laporan yang kita terima tentang peredaran uang palsu. Namun kita tetao perlu waspada. Jika ada masyarakat yang menukannya silahkan langsung koordinasi dengan pihak kepolisian agar bisa ditindaklanjuti sesuai prosedur hukum yang berlaku," pungkasnya. (LN 01)


Posting Komentar