Lurah Gunung Ibul Barat Joko Arif Trianto saat melakukan gotong royong membersihkan lingkungan bersama sejumlah warganya

Prabumulih, LapartaNews - Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto mewajibkan seluruh warganya untuk menyiapkan tong atau tempat pembuangan sampah di setiap rumah.

Hal ini dilakukan agar kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dapat dimulai dari lingkup terkecil yakni rumah tangga.

Arif menjelaskan, aturan yang mewajibkan setiap rumah harus memiliki tong sampah telah diatur dalam Undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang lingkungan hidup dan Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2003 tentang pengolahan sampah dan dipertegas dengan Perwako Prabumulih nomor 05 tahun 2011.

"Dalam perda itu jelas disebutkan sanksinya jika dilakukan pelanggaran. Yakni penjara selama 3 bulan dan denda Rp500 ribu," ujarnya kepada LapartaNews, Selasa (03/09/2019).

Untuk itulah sambung Arif, agar terhindar dari sanksi iru pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menaati aturan tersebut dengan menyiapkan tong sampah di setiap rumah.

"Himbauan ini kita sampaikan bukan untuk menakut-nakuti masyarakat. Tapi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan dan lebih peduli terhadap lingkungan. Khususnya bagi pemilik kontrakan dan kos-kosan untuk menyiapkan tempat pembuangan sampah," bebernya.

Selain mewajibkan warga untuk menyediakan tong sampah di setiap rumah pihaknya juga menghimbau kepada pemilik lahan kosong atau tanpa hunian untuk membersihkan lahan tersebut secara rutin dan berkala. Himbauan tersebut juga dilakukan dengan cara memberikan atau mensurati warga yg memiliki lahan kosong tersebut melalui RT.

"Apalagi saat ini musim kemarau, jangan sampai lahan tersebut terbakar atau dimanfaatkan oleh oknum warga sebagai tempat membuang sampah. Bahkan bisa saja lahan kosong itu dijadikan sebagai tempat maksiat dan kriminal," terang suami Hana Monica ini.

Pria yang kerap mengajak warganya untuk melakukan aksi bersih-bersih di lingkunganannya ini menuturkan, perlahan secara pasti tingkat kesadaran masyarakat di Kelurahan Gunung Ibul Barat khususnya mulai tumbuh.

Hal itu terlihat dari semangat gotong royong yang dilakukan masyarakat untuk membersihkan lingkungan.

"Mudah-mudahan semangat gotong royong ini dapat terus dilakukan masyarakat. Sehingga Prabumulih tidak hanya bersih di luar namun juga bersih dan indah sampai ke pemukiman warga," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar