Petugas Pemadam Kebakaran tampak berjibaku saat memadamkan api yang membakar lahan kosong di samping rumah duka Jalan Padat Karya

Prabumulih, LapartaNews - Sebidang lahan kosong yang berada di samping Rumah Duka, RT 04 RW 05, Jalan Padat Karya, Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur terbakar hebat.

Kebakaran lahan kosong yang terjadi pada Selasa siang (17/09/2019) sekira pukul 12.00 wib itu membuat heboh warga di sekitar lokasi kebakaran. Pasalnya lokasi kebakaran berada tepat di samping rumah duka dan pemukiman warga.

Warga sekitar yang menyaksikan kebakaran lahan tersebut tidak dapat berbuat banyak. Lantaran api dengan cepat menyambar semak belukar yang telah mengering akibat musim kemarau.

Api berhasil dipadamkan satu jam kemudian setelah satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Prabumulih terjun ke lokasi kejadian.

Raswan, Ketua RT 10 RW 01, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur mengaku jika lahan kosong yang terbakar masuk dalam Kelurahan Muara Dua yang berbatasan langsung dengan Kelurahan Gunung Ibul.

Informasi kebakaran lahan itu ia ketahui dari warga yang kebetulan melintas di lokasi kebakaran. Karena berbatasan langsung dengan wilayahnya ia khawatir api akan menjalar ke permukiman warga yang berada di lingkungannya.

"Apinya cepat sekali membesar. Kami bingung mau memadamkannya, untungnya petugas kebakaran cepat datang untuk melakukan pemadaman. Sehingga api tidak meluas ke lahan lainnya," ujarnya saat dibincangi di lokasi kejadian.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk melalui Kasatreskrim AKP Abdul Rahman SH saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran lahan tersebut. Untuk mengetahui asal api pihaknya telah menerjunkan tim ke lokasi kejadian.

"Sejauh ini belum diketahui dari mana asal api. Apakah disengaja atau tidak akan kita selidiki lebih lanjut," jelasnya.

Pihaknya terus menghimbau agar masyarakat khususnya pemilik lahan untuk tidak melakukan pembakaran. Mengingat musim kemarau sangat rentan terjadi kebakaran lahan, baik disengaja maupun tidak disengaja.

"Kebakaran lahan kosong bisa saja disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan. Sisa api yang ada di puntung rokok sewaktu-waktu dapat menyambar dan membakar dedaunan kering sehingga menyebabkan kebakaran.
Untuk itu berhati-hatilah jangan sampai hal yang tidak sengaja bisa menimbulkan bencana," pungkasnya. (LN 01)





Posting Komentar