Agam, LapartaNews-Jelang pelaksanaan shalat Idul Adha 2020M/1441H, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Agam lakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat ibadah. Penyemprotan menyisir sejumlah masjid dan mushala yang jarang terjangkau aktifitas disinfeksi.
Kepala Markas PMI Agam, Ade Alfani mengatakan penyemprotan sejumlah tempat ibadah yang akan menyelenggarakan shalat Idul Adha sudah berlangsung sejak Senin (27/7) lalu.
Dikatakan Ade, selain atas permintaan pengurus tempat ibadah, PMI Agam memprioritas sejumlah lokasi yang jarang terjangkau kegiatan disinfeksi.
“Dari Senin, kami lakukan penyemprotan di masjid dan mushala di daerah jarang terjangkau, seperti Batu Kambing, Labuah Pacah, Anak Aia Kumayan, Sitalang, Siguhung dan lokasi lainnya,” ujar Ade saat ditemui di Markas PMI Agam, Kamis (30/7).
Dijelaskan, penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat ibadah tersebut menindaklanjuti edaran Bupati Agam, terkait keharusan disinfeksi tempat ibadah yang akan menyelenggarakan shalat Idul Adha.
Dirinci Ade, belasan masjid dan mushala yang telah mendapatkan penyemprotan disinfektan secara gratis, antara lain 2 tempat ibadah di Siguhung, 2 tempat ibadah di Labuah Pacah, 2 tempat ibadah di Manggopoh dan 2 tempat ibadah di Anak Aia Kumayan.
“Kemudian ada 5 masjid dan mushala di daerah Sitalang, Sitanang dan Batu Kambing,” sebutnya.
Diutarakan Ade, penyemprotan masih akan dilanjutkan hari ini hingga pasca shalat Idul Adha.
“Hari ini ada permintaan dari dua masjid, satu di Mato Aia, satu di Simpang Ampek Tapi,” tuturnya lagi.
Menurut Ade, penyemprotan disinfektan yang efektif dilakukan setiap hari, agar hal itu terlaksana, pihaknya meninggalkan cairan disinfektan di setiap masjid dan mushala, masing- masing 1,5 liter , ” kami berharap pengurus masjid bisa melakukan disinfeksi setiap hari,” ulasnya. (AL) 

Posting Komentar