Subscribe Us

Walikota Prabumulih Resmikan Pembangunan Flyover Patih Galung


Prabumulih, LapartaNews - Perusahaan pembangunan Fly Over Patih Galung, mengadakan syukuran dan doa bersama. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya, MM beserta jajarannya.

Syukuran dilakukan oleh pihak perusahaan dengan menyembelih seekor sapi di lokasi pembangunan fly over wilayah Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat, Selasa 13/07/2021.

Syukuran dan Do'a bersama dalam rangka Pelaksanaan Pembangunan Flyover Patih Galung oleh Kementerian PUPR RI dengan dana APBN Tahun 2020 di Kota Prabumulih, Jalan Jendral Sudirman tepatnya di Depan SMP N 4 Prabumulih.


Dalam kesempatan ini Walikota Prabumulih menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional  (BBPJN) Provinsi Sumatera Selatan Kementrian PUPR RI.

“Kami sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kehadirannya dari pihak Kementrian PUPR RI, sebagaimana kita ketahui bahwa pembangunan ini sudah 8 tahun kita tunggu. Alhamdulillah tahun ini bisa terlaksana,” ungkap Ridho saat wawancara dengan awak media.

Selanjutnya Ridho mengatakan bahwa pembangunan ini juga merupakan jawaban dari pertanyaan sebagian warga, kenapa tidak ada keseimbangan pembangunan antara pangkul dan patih galung.


“Ini merupakan jawaban dari pertanyaan sebagian warga kenapa tidak adanya keseimbangan antara wilayah pangkul dan patih galung. Juga di kelurahan Patih Galung ini ada double track dan ada jalan turunan dan pendakian serta kita juga terkendala oleh keterbatasan anggaran. Lalu kita buatkan perencanaan anggaran dengan menggunakan dana APBD, dan kita serahkan ke pusat,” jelas walikota.

Ditambahkannya lagi bahwa tidak semua kabupaten kota yang mendapatkan fasilitas ini.


“Perlu diketahui bahwa pembangunan ini tidak semua kabupaten atau kota di wilayah sumsel yang mendapatkan Fly Over di tengah kota seperti ini. Serta Fly Over yang akan dibangun ini bukan Fly Over biasa, karena rencananya akan kita buat sebagai tempat wisata juga,” beber walikota dua periode ini.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Sumatera Selatan Kgs Syaiful Anwar mengatakan bahwa pembangunan Fly Over yang menggunakan dana APBN sebesar 80 miliar ini direncankan akan selesai di bulan November 2022 mendatang.

“Panjang Fly Over ini yakni sekitar 350 meter dengan 5 bentang, terdiri dari ada bentangan yang berukuran 40 meter dan 25 meter. Dengan dana APBN Multi Years pekerjaan diperkirakan akan rampung pada November 2022 mendatang,” jelas Syaiful Anwar sembari menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kota prabumulih yang sudah menyiapkan lahannya saat tender, lahan sudah siap dibangun jadi bisa dilanjutkan.


“Ini adalah salah satu Flyover yang diperlukan di wilayah sumsel ini. Karena perlintasan kereta api di wilayah sumsel itu ada 12 yang menjadi target, dan ini pertamakali di Prabumulih. Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah kota prabumulih yang sudah juga menyiapkan desainnya, serta konsultannya yang dibiayai dari dana APBD, ini merupakan bentuk keseriusan pak Walikota,” ungkapnya lagi.

Pengawas lapangan pekerjaan FlyOver Patih Galung dari Kementrian PUPR RI, Satrya Arga Yudha, mengatakan, bahwa, saat ini pekerjaan pembangunan Fly Over ini masih dalam tahap clearing.


“Saat ini kita masih dalam tahap clearing lokasi, untuk melakukan pembebasan lahan kita terkendala oleh tiang-tiang PLN, ada 2 tiang yakni di wilayah Prabumulih dan pendopo, selain itu juga ada jargas dan kabel telkom, namun untuk kabel telkom sudah bisa kita atasi,” terang Yudha, sambil berharap semuanya akan segera teratasi.

Diungkapkannya lagi bahwa untuk keterlibatan masyarakat dalam pekerjaan ini juga sudah sebagian diakomodir sebagai Penjaga Keamanan (PK).

“Alhamdulillah saat ini sebagian sudah kita libatkan masyarakat sekitar sebagai security untuk keamanan, kita berkoordinasi dengan Camat dan Lurah untuk hal ini, nanti setelah pekerjaan memasuki pekerjaan fisik.” ungkapnya. (LN 01/adv)


Posting Komentar

0 Komentar