Subscribe Us

Kontraktor Kontrak Kerja Sama PT Sele Raya Belida Sukses Discovery Minyak dan Gas di Sumur Eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1


Muara Enim, LapartaNews - Kontraktor Kontrak Kerja Sama PT Sele Raya Belida sebagai Operator di Wilayah Kerja Belida, telah berhasil menyelesaikan pengeboran Sumur Eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1. Sumur Sungai Anggur Selatan-1 terletak di bagian selatan Wilayah Kerja (WK) Belida, dan secara administrasi berada di Desa Tapus dan Melilian, Kecamatan Lembak dan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan.

Sumur Sungai Anggur Selatan-1 ditajak pada tanggal 29 Mei 2022, dan telah mencapai TD pada tanggal 12 Oktober 2022 di kedalaman 7269 kaki. Program akuisisi data G&G yang telah disetujui oleh SKK Migas telah diselesaikan dengan baik pada sumur ini, antara lain data wireline logging, SWC, dan MDT, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Uji Kandung Lapisan (UKL). Sumur ini menemukan kolom oil dan gas dengan ketebalan sekitar 80 kaki di reservoir batupasir, dan berdasarkan hasil UKL zona test ke 1 di target batupasir Formasi Talang Akar berhasil mengalirkan minyak 2000 barrel per hari dan gas 1.27 mmscfd. Selanjutnya KKKS PT Sele Raya Belida akan melanjutkan kegiatan UKL sampai dengan selesai sesuai program.

Exploration & Exploitation Manager PT Sele Raya Belida, Doni Argiyanto, mengutarakan bahwa sumur Sungai Anggur Selatan-1 ini dikategorikan sebagai sumur kunci untuk membuka peluang penemuan hidrokarbon lainnya di area WK Belida bagian selatan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan cadangan dan produksi minyak dan gas WK Belida, dan membantu target pemerintah mencapai produksi 1 MBOPD & 12 BSCFPD di tahun 2030 mendatang.

Dikatakannya pula bahwa setelah menyelesaikan UKL pada 4 zona test yang direncanakan, PT Sele Raya Belida akan segera melakukan koordinasi dengan SKK Migas untuk bisa segera memproduksikan oil dan gas dari sumur ini, serta melakukan studi lanjut untuk menentukan langkah eksplorasi selanjutnya.

Sejalan dengan hal tersebut, President & General Manager Sele Raya Belida Juchiro Tampi, menyampaikan bahwa dengan koordinasi yang baik antara Sele Raya Belida dan SKK Migas, setiap masalah teknis dan operasi selama pengeboran dapat diselesaikan dengan baik sehingga discovery di struktur Sungai Anggur Selatan ini sangat berpotensi menjadi temuan hidrokarbon ekonomis, “Kami berharap hal ini dapat mejadi upaya dan semangat untuk terus mencari cadangan migas sehingga memberikan kontribusi untuk mewujudkan cita-cita bersama pada tahun 2030,” ujar Juchiro. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Selatan Anggono Mahendrawan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja keras dan ketangguhan seluruh tim di Sele Raya Belida yang tidak kenal lelah melaksanakan pengeboran eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1 hingga berhasil mendapatkan temuan hidrokarbon “ini capaian yang luar biasa, Kami ucapkan selamat kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan mengupayakan keberhasilan ini” ungkap Anggono. “Harapan Kita bersama mudah-mudahan penemuan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi semua pihak, karna keberhasilan hulu migas adalah keberhasilan kita bersama,” tutup Anggono. (Rill)

Posting Komentar

0 Komentar