Subscribe Us

KPU Prabumulih Mulai Terima 131033 Surat Suara

Sejumlah petugas KPU tengah menurunkan surat suara dari mobil ekspedisi yang tiba pada Selasa sore (22/05)


Prabumulih, Laparta News - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih akhirnya telah menerima pengiriman surat suara untuk pemilihan kepala daerah Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018. Kurang lebih sebanyak 131033 lembar surat suara tersebut dikirim menggunakan jasa ekspedisi dari pihak kedua yakni PT Aksara Grafika Pratama, Jatinegara-Cakung Jakarta Timur.

Surat suara yang dikemas dalam dus ini tiba di kantor KPU Prabumulih pada Selasa sore (22/05) sekitar pukul 15.00 wib, dan diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Prabumulih M Tahkyul dan disaksikan Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK serta Ketua Panwaslu Herman Julaidi SH.

Tahkyul mengatakan, surat suara telah diterima dalam kondisi lengkap dan sesuai dengan jumlah nota pesanan. Terdapat sebanyak 65 dus yang masing-masing dus berisi 2000 lembar surat suara.

"Ada satu dus yang isinya 1033 lembar sebagai pelengkap jumlah surat suara. Satu dusnya untuk cadangan pemungutan suara ulang atau penambahan 2,5 persen sebagai pembulatan ke atas," ujar Tahkyul.

Tahkyul menjelaskan, seluruh surat suara yang telah masuk disimpan di gudang penyimpanan di lantai dua Kantor KPU Prabumulih. Bahkan untuk menjaga keamanan gudang tersebut dikunci dengan tiga gembok berbeda.

"Ada tiga kunci, masing-masing kunci dipegang oleh Polres Prabumulih, Panwaslu dan satu kunci dipegang oleh KPU Prabumulih. Tujuannya agar surat suara terjaga dengan aman dan baik, sehingga tidak ada pihak yang bisa membuka gudang penyimpanan kalau tidak dilakukan secara bersamaan," bebernya.

Sekretaris KPU Kota Prabumulih Dinerson menambahkan, sebelum didistribusikan, pihaknya nanti akan melakukan sortir sekaligus lipat surat suara untuk memeriksa kelayakan dari surat suara. Jika ditemukan surat suara yang rusak dan tidak layak akan disortir dan dilakukan penggantian baru.

"Nanti akan kita lakukan sebelum kertas suara ini didistribusikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara. Sehingga surat suara yang diterima oleh masyarakat nanti adalah surat siara yang dalam keadaan baik dan dapat sah digunakan untuk pemungutan suara nanti,"

Sementara itu, untuk kotak suara dan bilik suara untuk pemungutan suara Pilkada 2018 ini masih menggunakan barang yang lama pada pemilihan umum sebelumnya.

"Kotak suara dan bilik suara dipergunakan lagi untuk pemungutan suara 27 Juni mendatang," kata Denirson.

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK mengaku telah menyiapkan personil untuk menjaga kemanan surat suara. Pengamanan penuh dilakukan 24 jam.

"Tidak hanya mengamankan surat suara saja, kita juga sudah siap untuk mengamankan Pilkada dan Pilgub serentak di Kota Prabumulih. Kita berharap situasi dan kondisi dapat terus terjaga dengan baik hingga pesta demokrasi ini usai," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar

0 Komentar