Laparta News - Sumatera barat merupakan subuah provinsi yang banyak memiliki wisata alam dan cocok untuk anda jadikan sebagai salah satu destinasi tujuan wisata saat berkunjung ke daerah ini.

Sebuah perbukitan yang sangat indah dan panorama alamnya yang sungguh menggoda sangat sayang jika anda lewatkan. Bukit bernama Puncak Lawang yang berada di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam ini layak anda masukan ke daftar tujuan wisata anda.

Puncak Lawang merupakan sebuah objek wisata yang cukup terkenal di Sumatra Barat. Bukit yang terletak di Kabupaten Agam tepatnya sekitar ± 21 KM dari Pusat Kota Bukittinggi memiliki pemandangan yang sangat indah dan menyejukan mata memandang. Perjalanan dimulai dari jalan Atas Ngarai, melewati objek wisata Lubang Japang dan Janjang Koto Gadang serta Panorama Lembah Ngarai Sianok.


Puncak Lawang  bisa dikatakan sebagai tempat terbaik untuk menikmati panorama Danau Maninjau dari ketinggian. Puncak tertinggi di perbukitan wisata alam Danau Maninjau ini memiliki ketinggian sekitar 1210 mdpl.

Di Puncak Lawang inilah anda juga dapat memacu adrenalin dengan menjajal Paralayang atau Paragliding sambil menikmati view Danau Maninjau.

Di atas Puncak lawang sering ada event Paralayang bertaraf Internasional yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Agam, karena puncak lawang termasuk lokasi Paralayang terbaik di Asia Tenggara. Puncak Lawang sendiri merupakan salah satu view point atau spot terbaik untuk menikmati panorama keindahan Danau Maninjau. Dari puncak ini, anda dapat menyaksikan Samudera Hindia di sebelah Barat Daya perbukitan Danau Maninjau.


Di Puncak Lawang, ada beberapa spot yang dibuat oleh warga setempat untuk menikmati landscape Danau Maninjau dengan sempurna tanpa harus ketempat wisata utama. Di sini juga sudah disediakan pondok kursi-kursi sehingga anda bisa bersantai sambil menikmati indahnya kebiruan Danau Maninjau.

Dari atas Puncak lawang anda dapat melihat keseluruhan Danau Maninjau yang airnya kebiruan sangat bening seperti cermin raksasa. Akan terlihat di pinggiran Danau Maninjau perkampungan dengan puluhan tambaknya.





Untuk menikmati keindahan Danau Maninjau tersebuat, sangat kami sarankan untuk datang ke Puncak Lawang di sebelum tengah hari di antara jam 9-10 karena bila datang kepagian atau kesiangan, maka biasanya kawasan Puncak Lawang maninjau ini sudah tertutup oleh kabut tebal.

Keindahan Puncak Lawang jika dalam kondisi cuaca cerah akan tampak langit biru dan awan putih yang menggempul. Langit biru dihiasi awan seputih kapas ini yang seolah menggantung di atas kepala kita. Dan inilah yang dinamakan Negeri di atas Awan. Tak hanya itu, Puncak Lawang sudah di lengkapi dengan berbagai arena game yang akan memanjakan para pengunjung.

Di Puncak Lawang juga ada hutan pohon pinus yang rindang, bisa anda manfaatkan untuk mengisi foto Instagram. Pemandangannya yang sangat indah ini sangat sayang jika anda lewatkan.

Fasilitas Tambahan
Banyak fasilitas seperti Flying Fox, Paralayang. Untuk Game Flying Fox di Bandrol dengan Budget Rp. 25.000/org dan semua permainan Rp. 75.000/org. Untuk Paralayang sekitar ± Rp. 300.000/org untuk sekali terbang.

Biaya Wisata
Biaya untuk Masuk Puncak Lawang pada Hari Biasa Rp. 5.000/org dan Parkir Motor Rp. 2.000/org. Untuk Mobil sekitar Rp. 5.000/unit. Pada Libur Nasiobal, Tarif masuk naik menjadi Rp. 15.000/org dan Parkir Motor Rp. 3.000/unit  dan Mobil sekitar Rp. 10.000/unit. (**)


Sumber : wisatasumatera.com

Posting Komentar