Tim Mabes Polri foto bersama Bupati PALI usai melakukan kunjungan kerja


PALI, Laparta News - Setelah empat tahun berdiri Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akhirnya akan memiliki polres sendiri. Hal ini disampaikan oleh Tim Mabespolri usai melakukan kunjungan kerja dalam rangka studi kelayakan pembentukan Polres PALI.

Dalam kunjungan yang dipimpin Kombespol Drs Yasdan Rifai S Hum didampingi Kombes Polisi Drs Eko Erpangi dan AKBP Dr Nurul Azizah SIK MSI itu disimpulkan, bahwasanya kabupaten tersebut dinilai sudah layak memiliki polres sendiri. Sehingga segala urusan hukum di wilayah tersebut tidak lagi menginduk ke Polres Muara Enim yang selama ini di back up oleh Polsek Talang Ubi.

Kombespol Drs Yasdan Rifai mengatakan untuk pembentukan polres di suatu kabupaten baru merupakan kewenangan pemerintah pusat. Selain itu sejumlah persyaratan juga harus terpenuhi untuk mendirikan polres.

"Setidaknya ada sekitar 9 dimensi dan 46 indikator kelayakan untuk pendirian polres. Salah satunya yakni luas wilayah dan jumlah penduduk, serta sumber daya alam dan pendidikan," ujar Yasdan.

Selain itu, sambung pria dengan tiga melati dipundaknya itu menambahkan, dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat juga merupakan point penting. Serta ketersediaan lahan juga menjadi acuan untuk didirikannya polres.

"Minimal lahan yang disiokan oleh pemda sekitar lima hektar. Karena di dalam markas nantinya akan diisi kurang lebih 463 personil. Kalau untuk PALI sendiri akan diawalai dengan polres tipe C. Apalagi kabupaten ini memiliki luas yang cukup serta penyebaran penduduk yang merata di lima kecamatan. Ditambah lagi PALI memiliki pelabuhan, nanti polres disini ada pol airnya," jelasnya.

Meskipun akan dibangun polres tipe C, hal ini tidak akan mengurangi tugas dan fungsi polres sebagaimana mestinya. Menurutnya yang penting keberadaan polres di PALI dapat memberikan keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat.

"Hasil kunjungan ini akan kita sampaikan ke Kapolri, sehingga bisa dipastikan jadwal dan waktu yang tepat untuk pembangunannya," katanya.

Sementara itu, Bupati PALI Ir H Heri Amalindo menyambut baik rencana akan dibangunnya Polres PALI. Karena menurutnya keberadaan Polres memang sudah lama diharapkan masyarakat untuk melengkapi institusi dibidang keamanan.

"Segala sesuatu yang dibutuhkan sudah kita siapkan. Salah satunya menyiapkan lahan sesuai dengan yang dibutuhkan. Menurut kami PALI sudah pantas ada polres, karena kabupaten ini berada di tengah jantungnya Provinsi Sumatera Selatan, yang berbatasan dengan empat kabupaten dan satu kota madya," pungkasnya. (LN 01/Ard)

Posting Komentar