Anggota Panwaslu berikan selebaran berisi himbauan tentang pilkada kepada pengguna jalan

Prabumulih, Laparta News - Guna menciptakan pesta demokrasi yang aman dan bersih, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Prabumulih menggelar kegiatan deklarasi. Dengan mengusung tema "Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 yang Berintegritas" ini, Panwaslu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama mengawasi pelaksanaan Pilkada dan Pilgub 2018.

Kegiatan ini digelar dengan menyebarkan selebaran berisikan poin-poin deklrasi yang disebarkan kepada masyarakat dan penandatanganan deklarasi di atas kertas putih.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, KPU Prabumulih, PPL, Panwascam dan Kabag Ops Polres Prabumulih. Kegiatan ini digelar di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di Simpang Tugu Kuda, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur.

Ketua Panwaslu Prabumulih, Herman Juladi SH mengatakan, deklrasi digelar serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini sengaja digelar untuk menghindari terjadinya unsur politik transaksional dalam penyelenggaraan Pilkada dan Pilgub 2018.

"Melalui kegiatan ini kita menghimbau agar masyarakat mengerti dan paham dengan kegiatan-kegiatan politik yang mengandung unsur politik uang dan politisasi SARA," ujarnya kepada wartawan, Rabu (14/2).

Deklarasi ini juga ditekankan kepada setiap anggota Panwascam dan PPL. Agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat khususnya kepada pemilih.

“Maksud ikrar ini merupakan komitmen bersama yang menjadi kunci dalam menciptakan Pilkada bersih tanpa kecurangan. Untuk itu kita mengajak seluruh masyarakat agar menentukan pilihannya secara cerdas dan bukan berdasarkan politik uang dan SARA," tegasnya.

Masih kata Herman, peran dan tugas Panwas memang lebih berat, karena selain mengawasi kontestan dan tim sukses, Panwas juga mengawasi KPU sebagai penyelenggara.

"Sebagai Panwas, kita siap menerima seluruh laporan pengaduan pelanggaran yang terjadi selama proses pilkada berlangsung. Sejauh ini tahapan pilkada sudah berjalan dengan baik dan belum ada laporan pelanggaran yang kita terima," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar