AKBP Andes Purwanti SE MM
Prabumulih, Laparta News - Gerbong kepemimpinan di lingkungan Polres Prabumulih kembali bergerak. AKBP Andes Purwanti SE MM yang menjabat sebagai Kapolres Prabumulih akan segera bertolak meninggalkan jabatannya tersebut. Dirinya dipromosikan untuk menjabat sebagai Kapolres Musi Banyuasin (MUBA). Sebagai penggantinya, jabatan Kapolres Prabumulih akan diisi oleh AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH yang sebelumnya menjabat Kasubagrim Bagdiapers di Mabes Polri.

Pergantian jabatan orang nomor satu di jajaran Polres Prabumulih tersebut tertera dalam surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dengan nomor: ST/663/III/KEP/2018 tertanggal 8 Maret 2018.

Dirincikan pula dalam TR ini, selain jabatan Kapolres Prabumulih yang mengalami pergeseran juga diketahui untuk jabatan Dirreskrimum Polda Sumsel yang diemban Kombes Pol Drs Arison Hendra akan digantikan posisinya oleh Kombes Pol Budi Suryanto SH Msi yang sebelumnya menjabat Direskrimsus Polda Kepri. Sedangkan posisi jabatan Kombes Pol Drs Arison Hendra yang baru diangkat dalam jabatan barunya menjadi penyidik Utama Tingkat II Rowassidik Bareskrim Mabes Polri.

Adanya pergeseran jabatan kepemimpinan sebagai Kapolres Prabumulih ini juga dibenarkan oleh Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Kompol Zai’an SH yang dikonfirmasi, siang kemarin (9/3).

“Iya memang benar adanya mutasi Kapolres Prabumulih itu. Ibu Kapolres sendiri dipromosikan menjabat sebagai Kapolres di wilkum Musi Banyuasin,” ujar Kompol Zai’an.

Diakuinya, pihaknya sudah mengetahui adanya pergantian jabatan Kapolres itu dan telah menerima surat TR tentang mutasi jabatan yang ditandatangani Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melalui AS SDM, Irjen Pol Drs Arief Sulistyanto M Si pada Kamis (8/3) petang kemarin.

“Secara resmi belum. TR tersebut tertanggal 8 Maret 2018,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Zai’an, dalam rencana waktu kegiatan acara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Prabumulih tersebut pihaknya belum dapat memastikan kapan waktu yang tepat untuk pelaksanaannya. Namun, kata dia, akan terlaksana dalam waktu dekat.

“Kalau untuk acara sertijab sementara ini belum tau kapan kita akan melaksanakannya,” tutur dia.

Disampaikan dia, pergeseran jabatan atau mutasi dalam jabatan itu sebetulnya hal yang lumrah untuk penyegaran demi kinerja yang lebih baik. Selain itu, mutasi yang dilakukan itupun tidak akan mempengaruhi terhadap kondisi Kamtibmas yang ada di wilayah hukum Polres Prabumulih, walaupun saat ini sedang dalam suasana Pilkada.

“Kalau kita sendiri optimistis pergantian Kapolres ini tidak akan mempengaruhi kondisi Kamtibmas setempat yang sekarang memasuki suasana Pilkada. Jajaran kita di ruang lingkup Polres inipun juga akan segera berkoordinasi baik internal maupun eksternal,” tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar