Pelaku Franando saat digiring petugas ke dalam mobil untuk dilakukan pengembangan

Prabumulih, Laparta News - Sial dialami oleh seorang remaja bernama Franando (18). Pria yang beralamat di Jalan Arimbi, Kelurahan Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur ini nyaris jadi bulan-bulanan warga yang kesal akibat ulahnya.

Pasalnya pelaku nekad melakukan aksi pencurian di toko Edelweis di Jalan Mayor Iskandar, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Prabumulih Utara, pada Selasa malam (20/03) sekitar pukul 22.00 wib. Naasnya, aksi pelaku dipergoki warga yang curiga saat mendengar suara gaduh yang berasal dari atas toko tersebut.

Tak pelak, ia pun sempat jadi bulan-bulanan warga. Beruntung nyawa pelaku selamat saat setelah anggota Polsek Prabumulih Barat datang dan mengamankan pelaku ke kantor polisi.

Informasi yang dihimpun di lapangan, aksi pencurian tersebut diketahui seorang warga bernama Firman. Saat itu, pria yang berjualan roti bakar di kawasan tersebut mendengar suara gaduh dari atas toko Edelweis milik korban Fiter Yanes (39).

Merasa curiga, ia pun mencoba mengecek dan menyenter ke arah sumber suara tersebut. Betapa terkejutnya Firman saat mengetahui ada pelaku yang sedang berada di atas atap.

Sontak saja Firman berteriak maling. Teriakan Firman pun mengundang perhatian warga yang penasaran. Bersama belasan warga lainnya, pelaku akhirnya berhasil ditangkap.

Warga yang kesal dengan ulahnya sempat menghakimi pelaku. Beruntung petugas Polsek Prabumulih Barat cepat mendatangi tempat kejadian perkara dan mengamankan pelaku yang nyaris jadi bulan-bulanan warga.

"Aku tekejut dengar suaro atap asbes pecah dari atas toko Edelweis. Kondisi saat itu lagi hujan, aku pikir suaro kucing melompat. Saat aku senter dak taunyo ado pelaku yang nak mencoba kabur," ujar Firman.

Sementara itu, korban Fiter Yanes mengaku kejadian tersebut adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya pelaku berhasil masuk dan menguras isi toko berupa pakaian, tas dan sejumlah barang lainnya.

"Kejadian pertama sudah saya laporkan ke Polsek Barat. Kerugian mencapai Rp5 juta. Mungkin karena merasa aman pelaku kembali beraksi di toko saya," terangnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Sofyan Afandi saat dikonfirmasi membenarkan adanya tangkapan terhadap pelaku pencurian yang digagalkan warga. Hanya saja Kapolsek belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut dengan alasan akan melakukan pengembangan terkait penangkapan terhadap pelaku.

"Kita akan kembangkan, karena pelaku kerap beraksi bersama komplotannya. Untuk identitas pelaku lainnya sudah kita kantongi. Anggota juga sudah disebar untuk pengembangan lebih lanjut," pungkasnya. (LN 01)

Posting Komentar