Sejumlah petugas dibantu warga saat memadamkan api yang melalap bangunan mes dan gudang PD Panca Motor


Prabumulih, Laparta News - Mess Karyawan 12 pintu, Mushola dan gudang Spare Part milik PD. Panca Motor yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur ludes dilalap si jago merah, Senin malam (11/6) sekitar pukul 21.30 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Peristiwa tersebut pertama kali diketahui oleh Dewi istri Darmanto, karyawan Panca Motor yang menghuni salah satu mess tersebut.

Menurut keterangan Dewi, saat itu dirinya mendengar gemerisik suara api dan mencium aroma yang terbakar. Saat memeriksa ke luar mess, dirinya kaget mendapati api sudah membesar dari luar pagar. Merasa panik ia berteriak dan keluar mess untuk menyelamatkan diri. Sontak teriakanya itu membangunkan para tentangganya.


"Kami lagi istirahat di dalam mess. Tiba-tiba aku dengar suara gemeritik api melalap sesuatu dari luar. Pas aku periksa api la besak, panik aku langsung keluar dan menyelamatkan diri. Liat api la besak aku teriak mintak tolong" ungkap Dewi.

Tak lama berselang, 3 unit mobil pemadam kebakaran pemkot Prabumulih dan 2 Unit Damkar Pertamina serta 1 Mobil PDAM tiba di lokasi kejadian. Api berhasil  dipadamkam, setelah warga dan petugas kebakaran menyemprotkan cairan pemadam api.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan seluruh mess PD. Panca Motor tersebut. Kuat dugaan api bersumber dari arus pendek listrik yang ada di sudut luar sebelah kanan mess.

Pimpinan PD Panca Motor Kota Prabumulih, RIZAL mengatakan, akibat kejadian itu pihaknya mengkalkulasi kerugian mencapai 700 juta rupiah.

"Hitungan kita sementara kerugian  material yang ditaksir mencapai 200 juta dan kerugian bangunan berkisar 500 juta rupiah," katanya.

Sementara itu, Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutahuruk SIK MH melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando SH mengatakan penyebab kebakaran belum dapat dipastikan secara langsung.

"Mendapat kabar itu, kita langsung meninjau lokasi kejadian. Saat ini Kita sudah turunkan anggota untuk menyelidiki penyebab kebakaran ini. Dugaan sementara api berasal dari arus pendek listrik," pungkas Hernando. (Ard/LN 01)

Posting Komentar