Kapal Wisata Belantara Sungai Musi-Sembilang saat berlayar di perairan Sungai Musi


Palembang, Laparta News - Sungai Musi sebagai salah satu spot natural tourism di kota Palembang terus dimaksimalkan. Yayasan Belantara bekerja sama dengan Pemprov Sumsel, Pemkab Banyuasin, Pemkab Muba dan Pemkot Palembang, Kamis (9/8), meluncurkan Kapal Wisata Belantara Sungai Musi-Sembilang.

Kapal ini disediakan bagi turis domestik maupun mancanegara yang ingin menyusuri keelokan Sungai Musi serta menikmati wisata alam di Taman Nasional Berbak Sembilang (TNBS) yang sudah dicanangkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh Unesco beberapa waktu lalu.

Direktur Eksekutif Yayasan Belantara, Sri Mariati mengatakan TNBS dan Sungai Musi sebagai destinasi wisata alam sangat potensial untuk dikembangkan. TNBS menyimpan kekayaan ekologis (flora dan fauna) yang luar biasa dimana kawasan itu menjadi tempat singgah bagi jutaan burung Siberia yang melakukan migrasi dari Utara menuju Selatan Bumi maupun sebaliknya.

Tak hanya itu, di dalam kawasan TNBS juga tumbuh tanaman khas hutan rawa gambut, rawa air tawar dan tepi sungai. Seperti paku gajah, nipah, cemara laut, pandan, waru laut, nibung, jelutung, menggeris dan Gelam Tikus. Daerah itu juga merupakan tempat berkumpulnya habitat harimau Sumatera, gajah Sumatera, lumba-lumba air tawar dan beragam satwa liar lainnya.

"Berbagai macam potensi alam ini sangat indah untuk dinikmati," ujar Sri saat dibincangi awak media.

Sri mengatakan kapal belantara sendiri memiliki berbagai fasilitas yang akan memanjakan penumpang berupa 1 ruang utama/meeting room, 4 kamar tidur Full Ac dan kamar mandi. Fasilitas lain berupa deck untuk melakukan observasi ataupun watching bird di sekitar kawasan TNBS.

"Sangat tepat untuk menikmati perjalanan menyusuri sungai dan tepi pesisir Selat Bangka, melakukan observasi terhadap satwa dan fauna lokal dan berbagai kegiatan lainnya," katanya.

Untuk menikmati wisata Kapal Belantara, Sri menawarkan tiga paket khusus mulai dari Rp 750 ribu - Rp 2,5 juta. "Ada juga meeting package khusus bagi perusahaan atau lembaga yang ingin menggelar rapat. Ada juga paket 3 hari 2 malam untuk menginap di kapal," ucapnya.

Sri berharap kapal ini bisa menggali potensi wisata alam di Sumsel yang selama ini terpendam. Kapal ini juga sudah diluncurkan 12 Juli lalu dan bisa dinikmati  atlet, official negara peserta Asian Games 2018. "Kami berharap bisa mempromosikan wisata di kawasan Sumsel," terangnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin mengatakan Palembang telah menjadi tumpuan wisata dunia berkat sejumlah even olahraga internasional yang digelar. Sehingga, butuh kerjasama dari seluruh pihak untuk pengembangannya.

"Kami harap kapal ini tidak menjadi kapal pertama dan terakhir. Tapi bakal ada kapal kedua, ketiga dan seterusnya," pungkasnya. (Ko/LN 01)

Posting Komentar