Kapolres Prabumulih AKBP Tito Hutauruk SIK MH saat menjadi inpektur dalam upacara Kesaktian Pancasila di halaman Mapolres Prabumulih


Prabumulih, Laparta News - Pasca Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tanggal 17 Agustus 1945, terjadi insiden pemberontakkan yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S) Partai Komunis Indonesia (PKI).

Percobaan kudeta pada 30 September tahun 1965 digambarkan pemerintah sebagai usaha PKI untuk mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Pertarungan ideologi Pancasila dengan komunisme menyebabkan tragedi berdarah tewasnya para jendral oleh Oknum Pemberontak Anti - Pancasila

Gejolak yang timbul akibat G30S pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Dan akhirnya Pancasila terbukti berhasil menumpas PKI di Tanah air Indonesia. Sejak Itulah ditetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan pemberontakan  G30S PKI dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Hari ini memaknai hari Peringatan Kesaktian Pancasila, Jajaran Kepolisian Resor Prabumulih melakukan rangkaian upacara peringatan lambang negara tersebut di halaman Polres Prabumulih, Senin ( 1/10/2018).

Bertindak sebagai Inspektur dalam kegiatan itu Kapolres Prabumulih AKBP Tito Hutauruk SIK, MH dan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polres Prabumulih, anggota Polres Prabumulih dan Polsek jajaran serta ASN Polres Prabumulih.

Kapolres Prabumulih menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk menghargai jasa Pahlawan revolusi yang gugur pada pemberontakan G30S/PKI.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober ini, hendaknya kita jadikan sebagai bahan renungan dalam memaknai nilai- nilai perjuangan  dan kesaktian Pancasila itu sendiri dalam mempertahankan kedaulatan NKRI" kata Kapolres.

Pantauan dilapangan tampak seluruh peserta upacara beridiri tegak mengikuti rangkaian upacara yang diawali dengan  pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara AKBP Tito Hutauruk SIK, MH, Teks UUD 1945 oleh Iptu Yayat Sudrajat, dan ikrar kesetiaaan terhadap Pancasila yang dibacakan Ipda Wanianto, SH. (Humas Polres Prabumulih)

Posting Komentar