Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH memimpin gelar perkara percobaan pencurian terhadap nasabah bank dengan modus gembos ban oleh para pelaku

# Dua Pelaku Lainnya Berhasil Kabur

Prabumulih, Laparta News - Aksi pelaku kejahatan yang mengincar para nasabah bank di Kota Prabumulih makin merajalela. Kali ini peristiwa tersebut menimpa seorang wanita paruh baya yakni Novita Anggraini (41), warga Perumahan Bukit, Kelurahan Cambai, Kecamatan Cambai. Beruntung aksi kawanan para pelaku yang berjumlah lima orang ini berhasil digagalkan anggota Satreskrim Polres Prabumulih dan Satreskrim Polsek Prabumulih Timur.

Tiga pelaku berhasil diringkus petugas diantaranya Sebastian (33), warga Kampung Talang Ajung, Desa Cotereup, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Selanjutnya Herman (36), warga Jalan Pacong, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dan Abi Dewanto (35), warga Bumi Serang Banten, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Kota Serang. Sedangkan dua pelaku lainnya berhasil kabur dari kejaran petugas.

Informasi yang dihimpun, peristiwa yang dialami korban terjadi pada Jumat (02/11). Saat itu, korban Novi usai menarik uang senilai Rp25 juta dari Bank Mandiri. Korban pun kemudian melanjutkan perjalanan menuju Bank Sumsel Babel untuk menyetorkan uang tersebut.

Usai menyetorkan uang korban pun selanjutnya pergi meninggalkan bank. Namun, korban baru sadar jika ban mobil bagian belakang sebelah kiri yang ia kendarai dalam keadaan kempes setelah diberitahu oleh pihak security bank.

Korban yang curiga dirinya menjadi sasaran aksi kejahatan langsung melaporkan hal tersebut ke Mapolres Prabumulih. Dengan sigap, polisi pun langsung bergerak dan melakukan penyelidikan terkait laporan tersebut.

Bermodalkan hasil rekaman kamera pengintai yang ada di sejumlah bank tempat korban melakukan transaksi, petugas pun langsung melakukan pengembangan. Tiga pelaku pun berhasil ditangkap setelah terjadi aksi kejar-kejaran dengan petugas, di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di Simpang Empat Bawah Kemang, Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat.

"Ketiga pelaku kabur menggunakan mobil jenis Toyota Rush B 1525 URL. Namun berhasil dicegat petugas. Sedangkan dua pelaku lagi kabur menggunakan sepeda motor," ujar Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH saat gelar perkara terhadap pelaku.

Kasat Reskrim AKP Abdul Rahman menambahkan, pelaku merupakan komplotan bandit yang mengincar para nasabah bank lintas provinsi. Mengingat pelaku berasal dari luar Sumsel.

"Hal ini juga diperkuat dari sejumlah barang bukti lainnya yang kita amankan. Yakni sejumlah atm dan KTP milik para korban yang sebagian besar berasal dari luar Sumsel. Kasusnya saat ini masih terus kita kembangkan," tegasnya.

Sementara itu, Herman satu diantara para pelaku mengaku jika aksi tersebut didalangi oleh rekannya yakni Abi Dewanto. Dalam menjalankan aksinya para pelaku berbagi tugas. Dua pelaku masuk ke dalam bank mengincar korban, sedangkan tiga pelaku mengawasi dan menggembos ban mobil korban menggunakan paku yang telah dimodifikasi.

"Aku baru satu kali inilah ikut. Itu pun diajak oleh Abi. Rencananyo kalau ado hasil uangnyo akan dibagi rato," katanya. (LN 01)

Posting Komentar