Muara Enim, Laparta News - Menjelang pesta demokrasi pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019, Polsek Gelumbang bersama unsur pimpinan Kecamatan Gelumbang dan penyelenggara pemilu serta pengurus partai politik menggelar kegiatan deklarasi pemilu damai 2019. Kegiatan ini digelar di Aula Kantor Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Rabu (28/11) sekitar pukul 10.30 wib.

Dalam sambutannya, Kapolsek Gelumbang AKP Indrowono SH menyampaikan pesan dan arahan kepada masyarakat khususnya peserta pemilu untuk menjaga marwah pemilu damai 2019. Dirinya berpesan agar semua penyelenggara pemilu harus bersikap netral, berintegritas dan independen.

"Begitu juga harapan kita kepada para peserta pemilu agar kiranya dalam melakukan kampanye tetap berpedoman pada aturan dan perundangan yang berlaku. Hindari ujaran kebencian dan penyebaran berita hoax yang akan menimbulkan konflik dan masalah di kemudian hari," ujar Kapolsek.

Selain itu, sambung pria dengan pangkat tiga balok kuning di pundaknya itu menegaskan, masyarakat diminta lebih bijak dan tidak mudah tergiur dengan iming-imingan uang yang diberikan oleh peserta pemilu. Sebab hal tersebut akan membodohi masyarakat khususnya bagi mereka yang memiliki hak suara dalam pemilu 2019.

"Baik yang memberi ataupun yang menerima sama-sama salah dan melanggar aturan hukum. Sanksinya pun juga sudah jelas. Pesta demokrasi ini adalah tanggungjawab kita bersama. Untuk itu mari kita sama-sama menjaga agar pemilu kali ini berjalan dengan aman, tertib dan bermartabat," tegasnya.

Sementara itu, Camat Gelumbang Syarkowi SSos menambahkan, selain menyampaikan imbauan, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk sinergitas antara pihak kepolisian, TNK, pemerintah dan penyelenggara pemilu seperti Panwas dan KPU.

"Untuk itulah melalui kegiatan ini diharapkan seluruh stakeholder untuk menyamakan persepsi dalam menghadapi Pemilu Tahun 2019," jelasnya.

Masih kata Syarkowi, para caleg yang maju sebagai kontestan pada pemilu, harus siap kalah dan siap menang dengan menunjukan sikap berpolitik secara santun dan memberikan pembelajaran politik yang bersifat membangun demokrasi yang bermartabat serta berkualitas.

"Mari kita bangun komitmen dengan satukan tekad menjaga kekondusifan kesejukan kedamaian yang aman agar pemilu berjalan lancar dengan memaknai demokrasi yang jujur dan adil sebagai wujud pesta demokrasi yang bermartabat," tandasnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan tersebut diakhiri dengan pengucapan deklarasi bersama sukseskan Pemilu 2019, tolak hoaks, ujaran kebencian dan isu berdimensi Suku Agama Ras dan Antar golongan (SARA) serta penandatangan deklarasi secara bersama dari semua yang hadir. (LN 01)

Posting Komentar