Subscribe Us

Ganti Sejumlah Direksi, ini Harapan Gubernur Sumsel Terhadap BSB

Gubernur Sumsel Herman Deru foto bersama sejumlah calon dreksi Bank Sumsel Babel

Palembang, Laparta News - Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Kamis (29/11) siang di Kantor Utama BSB Jakabaring, sejumlah direksi bank pelat merah Bank Sumsel Babel (BSB) mengalami perombakan. Selain mengganti Komisaris Utama Yusri Efendi, rapat tersebut juga menghasilkan kesepakatan mencopot Muhammad Adil sebagai Direktur Utama.

Gubernur Sumsel Herman Deru saat dikonfirmasi awak media usai menggelar rapat membenarkan hal tersebut. Menurut HD secara bulat RUPS menetapkan pergantian komisaris dan jabatan direktur utama.

"Yang diusulkan 3 orang nanti dipilih dua. Gantinya orang bank semua ada yang Mandiri dan ada bank BNI. Dua direktur tidak diganti dan dilanjutkan yaitu pak Samil dan Antonius sampai 2021. Nama yang diusulkan banyak tapi yang jelas ini semua berlatar belakang bank. Pengisian direksi ini berlatar belakang bank," tegas HD.

Terkait pergantian Komisaris Utama BSB, Yusri Efendi dikatakan HD memang karena Yusri sudah dua kali menduduki masa jabatan. Sementara itu mengenai pergantian Dirut Utama BSB M Adil dikatakan HD karena M Adil belum mampu  memperbaiki kinerja setelah diberi tenggat 6 bulan sejak RUPS 2017.

"Pak Adil sudah diberikan kesempatan 6 bulan untuk memperbaiki kinerja. Tapi, ternyata setelah dievaluasi 6 bulan harusnya bulan Juni kemarin tapi Juni tidak diadakan karena sibuk Asian Games dan Pilkada. Ternyata hasil evaluasi RUPS beliau tidak menunjukkan penambahan perbaikan," jelas HD.

Menurut HD banyak parameter yang digunakan untuk mengevaluasi jajaran direksi. Selain jumlah pengaluran kredit, jumlah nasabah juga sangat mempengaruhi.

"Jadi setelah kita lihat memang ada penurunan jumlah nasabah dan penurunan angka penyaluran kredit," imbuh HD ditanya soal kinerja BSB.

Harapannya kata HD setelah lulus uji fit and proper tes orang-orang yang telah dipilih itu nantinya dapat bergerak cepat memperbaiki kinerja BSB. Dengan kompetensi masing-masing, para direksi baru yang akan dikukuhkan itu harus lebih energik mengembangkan bank kebanggaan wong Sumsel.

"Bank ini harus segera besar karena persaingan ini semakin ketat.  Terutama kehadiran bank-bank Nasional. Sebagai tuan rumah, wajar dong kita harus jadi besar di rumah kita sendiri. Tidak kalah dengan pendatang. Dengan persaingan yang ketat dan sehat ini kita butuh pemimpin yang energik," papar mantan Bupati OKU Timur dua periode tersebut.

Setelah melalui perombakan, HD berharap BSB punya kinerja yang lebih baik dan solid. Baik dalam hal manajerial maupun kekompakan meraih visi. " Nama yang baru yang kita usulkan memang telah lulus seleksi Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia ( LPPI). Nah nanti kemudian diajukan ke OJK," tambahnya. (Red/ril)

Untuk diketahui perombakan direksi yang dilakukan sesuai RUPS LB masing-masing yakni.

Calon Komisaris Utama : Edi Junaidi diajukan ke OJK

Calon Komisaris Independen : Burhanuddin

2 Calon Komisaris Independen diajukan ke OJK
1. NOVERSA
2. SATRIA

Calon Direktur Utama
1. FILANI ZIKRI  HASAN
2. AHMAD SYAMSUDDIN
3. RUDI MURDOTO

2 Nama akan diajukan ke OJK untuk Calon Direktur Operasional  :
1. Oktiyandi
2. Jon Ismam
3. Dicky

Calon Direktur Kepatuhan
1. Haikal
2. Mustakim
3. Edison Marilatua

Direktur pemasaran : Antonius

Direktur Umum : Syamiludin

Posting Komentar

0 Komentar