Subscribe Us

Herman Deru Percepat Bangun Pabrik Ban di Sumsel

Gubernur Sumsel Herman Deru saat berdialog dengan Bupati Musirawas Hendra Gunawan di Kantor Bubernur Sumsel
Palaembang, Laparta News - Provinsi Sumatera Selatan  memiliki sejumlah potensi destinasi wisata  yang layak untuk dikembangkan  baik wisata keindahan alam maupun agrowisata  lainnya. Pengembangan  potensi pariwisata  yang ada tersebut  sudah menjadi atensi  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika menerima audensi Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan  yang didampingi Ketua TP PKK Musi Rawas Hj Noviar Marlina Gunawan beserta jajaran bertempat di kantor Gubernur, Kamis (13/12)

“Untuk mengembangkan sektor wisata ini sudah ada dibenak saya, baik  itu agrowisata  maupun destinasi  keindahan alam lainnya,” ungkap HD.

Dengan didampingi Ketua TP PKK Sumsel HJ Febrita Lustia , HD menambahkan untuk mengembangkan potensi wisata di Sumsel tidaklah harus menggunakan dana yang besar,  artinya bagaimana  masyarakat sekitar diajak untuk bisa terlibat secara langsung dalam memanfaatkan tempat  wisata tersebut sebagai sumber pendapatan bagi warga.

Disamping itu, selain mengkritisi   sektor wisata HD juga  mengkritiasi  sektor lainnya yakni sektor pendidikan dan perkebunan. Untuk sektor pendidikan HD mengucapkan terima kasih pada Bupati Musirawas dan jajaran yang telah konsen dalam peningkatan mutu pendidikan melalui pembangunan sarana belajar dan pemenuhan  tenaga guru pendidik disemua tingkatan sekolah.

Kabupaten Mursirawas lanjut HD selain memiliki  kekayaan alam yang dapat dikembangkan juga memiliki potensi  pendapatan dari sektor pertanian dan perkebunan khususnya karet dan sawit. Hannya saja persoalanya lanjut HD harga karet di tingkat bawah masih belum berpihak pada petani. Karena itu Pemerintah Provinsi  merespon persoalan ini dengan cara akan membangun  pabrik  dekat dengan  perkebunan rakyat.

"Saya sudah merespon persoalan ini, dalam waktu dekat industri hilirnya akan kita bangun, terutama  terkait produksi karet rakyat akan segera kita bangun pabrik ban, bahkan investornya saat ini sudah ada," katanya.

Dia berharap  nantinya pangsa pasar dari ban yang telah diproduksi digunakan kendaraan roda dua atau roda empat terutama kendaraan dinas, sebagi bentuk tanggung jawab moril pemerintah daerah.

Sementara itu Bupati Musirawas, Hendra Gunawan menegaskan, untuk sektor pendidikan pihaknya fokus pada pendidikan usia dini (PAUD), bahkan kedepan dia berharap semua PAUD yang ada di Musirawas statusnya dapat menjadi PAUD Negeri. Kabupaten Musi Rawas 75 persen masyarakat di daerahnya menggeluti profesi sebagai petani baik pertanian tanaman pangan maupun perkebunan meliputi, karet, sawit, kopi, coklat, tebu, serai dan aren.

"Untuk sektor pariwisata saat ini Musi Rawas telah menjadikan Dusun Sri Pengantin Desa Pasenan Kecamatan STL Ulu Rawas, sebagai tujuan wisata alam yang layak dijual ke pada turis, baik turis lokal maupun manca negara," tandasnya. (Red/Ril)

Posting Komentar

0 Komentar