Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Fauziah Mawardi Yahya memberikan penjelasn terkait kain tenun songket Palembang kepada rombongan Dekranasda Provinsi Sumatera Barat
Palembang, Laparta News - Kampung tenun songket Sumatera Selatan menjadi pusat percontohan dan inspirasi bagi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut terungkap dalam  kunjungan  Ketua Dekranasda Sumbar,  Nefi Zuraina bersama rombongan ke Dekranasda Sumsel, Selasa (18/12) yang dipusatkan  di pendopoan rumah Dinas Gubernur Sumsel.

Kunjungan rombongan Dekranasda Provinsi Sumbar ini disambut langsung oleh Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Fauziah Mawardi Yahya yang juga Wakil Ketua TP PKK Sumsel. Dalam kunjungan itu, tuan rumah menyuguhkan berbagai jenis kain tenun songket yang menjadi ciri khas Provinsi Sumsel.

"Kampung tenun songket Sumatera Selatan, menginsipirasi kami apalagi saat masuk ke Kampung Songket ini ada gapuranya yang menandakan bahwa kita tengah berada di kampung tenun,” ungkap Nefi.

Ditambahkan Nefi Zuraina, keberadaan kampung tenun songket Palembang bisa dijadikan contoh bagi Pemerintah Provinsi Sumbar. Melalui kunjungan itu pula diharapkan kedua provinsi bisa saling sharing dan berbagi ilmu dalam mengembangkan kain tenun songket.

“Kain tenun songket Palembang luar biasa bagus, baik dari segi warnanya cerah begitu juga motifnya yang indah. Jadi jelas  motif dan pewarnaan kain tenun songket Palembang lebih variatif dibandingkan dengan kain tenun songket Minang,” pujinya.

Dalam kunjungannya ke Provinsi Sumsel ini, Ketua Dekranasda Sumbar,  Nefi Zuraina didampingi Wakil Ketua Dekranasda Sumbar, Wartawati dan Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung Sumbar Enyuswir Arifin. (Red/Ril)


Posting Komentar