Gubernur Sumsel didampingi Wali Kota Prabumulih dan GM PT Pertamina Asset II foto bersama usai meresmikan Museum 3D PT Pertamina EP Asset II Prabumulih

Prabumulih, Laparta News - Museum 3D Migas yang dibangun oleh PT Pertamina EP Asset 2 akhirnya selesai dibangun. Museum yang menjadi kebanggan warga Kota Prabumulih ini pun secara langsung diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru, Kamis (7/2) pukul 11.00 WIB.

Turut hadir dalam peresmian itu, Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, Kepala BKSDM Kementerian, Prof Dr Ir IGN Wiratmaja Puja MSC, Ketua DPRD Prabumulih, Kajari, Dandim, Danyon Zipur, Wakapolres dan pejabat Pemprov Sumsel serta Pejabat Pemkot Prabumulih.

Herman Deru mengaku bangga dan kagum dengan struktur dan desain bangunan museum yang merupakan satu-satunya Museum 3D di Indonesia. Selain jadi tempat rekreasi, Museum 3D juga menjadi sarana edukasi bagi pelajar untuk mengetahui proses pengeboran minyak.

"Tidak hanya bangga dengan desain dan struktur bangunannya saja, namun yang menjadi nilai tambah dalam pembangunan museum ini adalah filosofi dan edukasinya. Ini merupakan aset penting yang sudah sepatutnya harus dijaga dan dikelola dengan baik," ujar Deru dalam sambutannya.

Sementara itu, Walikota Ir H Ridho Yahya MM mengaku sangat bangga dengan keberadaan 3D Museum Migas tersebut. Sejatinya PT Pertamina sudah harus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Prabumulih.

"Kita bangga, karena Pertamina juga punya perhatian kepada masyarakat. Tidak hanya melalui program CSRnya saja namun melalui pembangunan museum ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina. Karena memang kita akui, bahwasanya masyarakat Prabumulih haus akan tempat rekreasi dan sarana hiburan," bebernya.

Ridho berharap, keberadaan museum tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan pembangunan di Kota Prabumulih.

"Dengan adanya museum ini bertambah satu lagi bangunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Prabumulih. Apalagi museum ini adalah satu-satunya dan terbesar di Indonesia," ungkapnya.

GM Pertamina Asset 2, Astri Pujianto mengatakan, museum tersebut tidak lain adalah sebagai bentuk apresiasi kepada Walikota Prabumulih. Dimana dalam proses pembangunan museum tersebut juga terdapat beberapa ide dan masukan yang disampaikan oleh Walikota.

"Ide ini sudah lama kita rencanakan. Bahkan ada beberapa masukan yang disampaikan oleh Walikota dalam hal pembangunan museum ini. Beliau pun sangat merespon dan mendukung sekali atas pembangunan museum ini. Karena bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi tempat hiburan di Kota Prabumulih," ujarnya.

Astri menambahkan, meseum dipenuhi gambar tiga dimensi, museum ini juga dilengkapi dengan miniatur peralatan yang digunakan oleh PT Pertamina dalam mencari serta mengolah minyak dan gas. Bahkan di luar museum juga akan dibangun pasar terapung dan sentral kuliner serta sentral kelompok industri binaan yang dibina oleh pihak PT Pertamina.

"Selain untuk sarana rekreasi dan hiburan, keberadaan museum ini juga sebagai wadah edukasi bagi masyarakat, khususnya bagi pelajar di Kota Prabumulih dan daerah lainnya," pungkasnya. (LN 01)

Posting Komentar