Ogan Ilir, Laparta News - Lomba bidar merupakan salah satu tradisi hiburan yang menjadi ciri khas masyarakat Ogan Ilir (OI). Tidak hanya digelar saat perayaan 17 Agustus saja, namun lomba bidar kali ini juga diadakan dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten OI yang ke 15.
Bupati Ogan Ilir, H M Ilyas Panji Alam membuka dan meresmikan langsung lomba bidar yang diikuti sebanyak 38 peserta itu, di Sungai Kelekar, Desa Burai. Terdiri dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab OI, dan perwakilan dari 16 kecamatan di Bumi Caram Seguguk.
Sementara itu, Sekda OI didampingi Kapolres OI AKBP Ghazali Ahmad, Kejari OI Adityo Gunawan, Asisten III Lukmasyah dan sejumlah Kepala OPD, melepas peserta pertama lomba bidar ini, yaitu perwakilan Petrogas vs perwakilan dari Kecamatan Sungai Pinang.
Dalam sambutannya, Ilyas mengajak masyarakat untuk memeriahkan kegiatan lomba tersebut. Melalui lomba bidar, dirinya berharap tradisi tersebut dapat terus digelar dan dijadikan sebagai agenda rutin dalam setiap perayaan.
"Bukan untuk mencari siapa yang menang dan kalah, namun tujuan kita adalah untuk melestarikan tradisi lomba bida agar tidak punah. Selain itu, acara ini sengaja digelar untuk memeriahkan HUT Kabupaten OI yang ke 15," ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Desa Burai, Ferianto mengaku merasa senang sekaligus bersyukur dengan adanya kegiatan yang berlangsung di desa yang dipimpinnya ini. Dia menceritakan kalau ini kali kedua desanya menjadi tuan rumah untuk perlombaan bidar tersebut.
“Berbagai manfaat dapat kami rasakan, baik tambah dikenalnya desa kami. Kemudian di bidang ekonomi juga ikut terdongkrak, mengingat banyak orang-orang khususnya dari luar berkunjung kesini,” ujar Feri.
Selain itu, dirinya berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan di masa mendatang, sebagai upaya memperkenalkan Desa Burai sebagai desa wisata di Bumi Caram Seguguk.
“Dan juga kegiatan ini harapannya ke depan terus bisa diadakan, baik momen HUT OI ataupun even lainnya. Kemudian selain bisa mencetak atlet olahraga dayung, juga bisa memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat disini,” pungkasnya. (Red/Ln 03)

Posting Komentar