Subscribe Us

Datangi BSB Prabumulih, Ratusan Nasabah Ramai-ramai Ganti Kartu ATM Chip

Sejumlah nasabah BSB tampak antri untuk melakukan pergantian kartu ATM

Prabumulih, Laparta News - Ratusan masyarakat dan sejumlah PNS yang menjadi nasabah Bank Sumsel Babel (BSB) berbondong-bondong melakukan pergantian kartu Anjungan Tunai Mandiri BSB. Hal ini dilakukan untuk menghindari kartu ATM mereka yang lama tertelan saat melakukan transaksi di sejumlah mesin ATM.

Pimpinan cabang BSB Kota Prabumulih Robert Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan hal tersebut kepada seluruh nasabahnya. Katanya sesuai regulasi dan arahan BI perihal penggunaan kartu ATM debet dengan chip sudah di sosialisasikan jauh-jauh hari.

"Nasabah diwajibkan mengganti model kartu ATM dengan membawa kelengkapan kartu ATM, buku tabungan dan KTP. Karena kartu lama sudah tidak bisa digunakan lagi. Untuk menghindari kartu tertelan mesin ATM maka kartu Debit Magnetic Strip yang lama harus diganti ke Chip," ujarnya belum lama ini.

Bahkan sambung Robert, untuk memaksimalkan pelayanan kepada seluruh nasabah, pihaknya juga masih melayani nasabah di hari libur, tepatnya pada Sabtu lalu. Antusias masyarakat pun cukup tinggi untuk mengganti kartu ATM tersebut.

"Tujuannya agar seluruh nasabah bisa dilayani. Sehingga seluruh kartu ATM yang lama sudah beralih ke ATM Chip," terangnya seraya mengaku pergantian kartu ATM tersebut tidak dipungut biaya.

Pergantian kartu ATM dinilai sangat penting. Selain untuk memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah juga bertujuan untuk menjaga keamanan saldo di rekening para nasabahnya.

Cara membobol informasi ini dengan menggunakan alat yang dipasang pada mesin ATM atau disebut skimmer. Dengan teknik tersebut, si pelaku bisa menggandakan data yang terdapat dalam pita magnetik di kartu kredit maupun debit, kemudian memindahkan informasi ke kartu ATM kosong. Akhirnya, si pelaku bisa dengan mudah menguras saldo rekening nasabah.

"Dengan kata lain untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening milik nasabah. Untuk itu hal ini perlu dilakukan demi kenyamanan dan keamanan saldo yang ada di rekening para nasabah," bebernya.

Sementara itu, Walikota Ir H Ridho Yahya MM saat meninjau ke BSB turut mensuport kinerja BSB dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh nasabahnya. Mengingat BSB merupakan mitra Pemkot Prabumulih yang sebagian besar PNS serta PHL merupakan nasabah BSB.

"Tujuannya bagus, bisa menghindari kejahatan skimming demi keamanan uang nasabah," pungkasnya. (LN 01)

Posting Komentar

0 Komentar