Sejumlah tiang listrik, kabel dan travo milik PLN rusak akibat hujan dan angin kencang yang melanda pada Rabu sore
# PLN Minta Maaf

Prabumulih, Laparta News - Dilakukannya pemadaman jaringan listrik oleh PLN Rayon Kota Prabumulih bukan tanpa sebab. Hal ini dilakukan lantaran sejumlah material milik PLN seperti kabel, tiang listrik dan travo di sejumlah wilayah mengalami kerusakan.

Penyebabnya dipicu akibat hujan yang disertai angin badai pada Rabu sore (13/03). Terjangan angin badai yang cukup kuat itu menumbangkan sejumlah pohon besar hingga memutuskan jaringan listrik.

Manajer ULP Prabumulih, Sumardi melalui Supervisor Teknin, Fransisco Ginting saat dikonfirmasi terkait pemadaman listrik itu menyebutkan, kerusakan matrial milik PLN terjadi di sejumlah titik di Kota Prabumulih. Untuk mengantisipasi gangguan tersebut pihaknya hingga saat ini terus melakukan perbaikan di lapangan.

"Memang dua hari ini terjadi gangguan pada jaringan listrik. Sehingga kita terpaksa melakukan pemadaman sementara selama prosea perbaikan," ujar Fransisco saat dikonfirmasi via telpon, Kamis (14/03).

Bahkan untuk memaksimalkan perbaikan jaringan listrik yang rusak itu, pihaknya telah menerjunkan tim sebanyak 40 orang. Disebar ke sejumlah wilayah yang terdapat kerusakan pada jaringan listrik.

"Ada tiang yang nyaris roboh. Sejumlah kabel listrik pun putus akibat ditimpa pohon yang tumbang. Bahkan beberapa travo yang berfungsi untuk suplai arus listrik juga rusak akibat tersambar petir. Salah satunya yang berada di belakang NSS Finance Jalan Jendral Sudirman. Begitu juga dengan wilayah Pangkul dan Sindur. Ini kita masih di lokasi untuk lakukan perbaikannya," terangnya.

Masih kata Fransisco, keterbatasan tenaga juga mempengaruhi perbaikan jaringan listrik yang rusak. Apalagi perbaioan juga dilakukan di luar wilayah Prabumulih seperti wilayah, Pali dan Muara Enim. Meski demikian pihaknya terus bekerja semaksimal mungkin agar jaringan PLN kembali normal.

"Terpaksa jaringan listrik kita padamkan sementara saat perbaikan berlangsung. Kita memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Untuk itu kepada masyarakat khususnya pelanggan harap bisa memaklumi permasalahan ini. Mudah-mudahan hari ini proses perbaikan sudah bisa diselesaikan," bebernya.

Untuk keluhan terhadap pelanggan, pihaknya meminta masyarakat agar segera membuat laporan ke PLN. Atau menghubungi langsung via telpon call centre di nomor 0712123.

"Begitu laporan masuk ke kita maka tim akan langsung turun ke lokasi untuk melakukan perbaikan. Silahkan lapor jika ada gangguan terhadap jaringan listrik agar cepat kita atasi," katanya.

Sementara itu, pemadaman listrik yang terjadi berulang kali sejak dua hari terkhir ini dikeluhkan banyak masayarkat. Mereka khawatir, pemadaman akan merusak peralatan eletronik rumah tangga. Pasalnya, pemadaman listrik dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan dari pihak PLN.

"Untuk hari ini be sudah sampai lima kali listrik idup mati. Memang semalam hujan deras dibarengi angin kencang. Tapi kami khawatir jugo kalau listriknyo idup mati terus. Terganggu nian rasonyo, takutnyo agek elektronik kami rusak. Terus siapo yang nak tanggungjawab," ungkap Rudi (29), warga Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur. (LN 01)

Posting Komentar