PALI, Laparta News - Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), H Heri Amalindo kembali mengukuhkan 26 Kepala Desa (Kades) persiapan, di aula Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Merdeka KM 10, Kelurahan Handayani Mulia, Kecamatan Talang Ubi, Selasa (11/6/2019).

Bupati PALI Ir H Heri Amalindo berharap 26 desa persiapan ini, tahun depan dapat menjadi desa definitif, karena pada dasarnya desa ini sudah 4 tahun menjadi desa persiapan.

"Mari kita semua berdoa agar harapan kita tahun depan desa-desa ini bisa menjadi desa definitif, karena saat ini berkasnya telah kita ajukan ke Gubernur Sumatera Selatan. Ungkapnya

Ke 26 Kades Persiapan yang Surat Keputusan (SK)-nya telah berakhir tersebut, kembali disumpah untuk meneruskan tugas menjalankan roda pemerintahan desa, sekaligus mempersiapkan desa persiapan untuk dinilai kelayakannya sebagai desa definitif.

"Kalau persiapan kita sudah dari awal, dari tahun sebelumnya persiapan kita sudah matang. Kita semua (desa persiapan) siap untuk dilakukan evaluasi, dinilai untuk menjadi desa definitif. Artinya kita memang benar-benar sudah siap," jelas Dedi Handayani, Kades Persiapan Tempirai Barat.

Selama ini, lanjut Dedi, pihaknya juga telah mempersiapkan berbagai syarat yang diminta pemerintah, sebagai indikator perkembangan kemajuan desa untuk ditetapkan menjadi definitif.

"Perkembangan desa sebagai syarat utama, seperti SDM, keamanan dan infrastruktur yang memadai dan pelayanan terhadap masyarakat telah disiapkan sejak awal dibentuknya desa persiapan," imbuh pria yang juga Ketua Forum Pemerintah Desa Persiapan (FPDP) itu.

Sementara, jika dalam penilaian nanti  ada sejumlah desa persiapan yang dikembalikan ke desa induk, pihaknya pun melalui FPDP juga akan memperjuangkan agar ke-26 desa persiapan ini dapat menjadi desa definitif bersama-sama.

"Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, artinya kita siap memperjuangkan jika ada desa yang dianggap tidak layak. Karena, menurut kami ke-26 desa persiapan ini memang benar-benar layak untuk di definitifkan, sekarang tinggal hanya menunggu waktunya saja," pungkasnya. (Adv/ LN 02)

Posting Komentar