Para pendemo tampak berorasi di halam kantor DPRD Kabupaten PALI

PALI, LapartaNews - Puluhan warga yang berasal dari Desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, mendatangi Kantor DPRD PALI, Selasa siang (27/8/2019).

Di sana, mereka yang datang dengan sebuah mobil pick up dan beberapa sepeda motor, berorasi sambil membentangkan spanduk bertuliskan 'Pak Bupati / DPRD Tolong Beri Keadilan Sdr. Shinta Andayani'.

Secara bergantian, mereka menyuarakan beberapa tuntutan, antara lain agar Pemerintah Kabupaten PALI menunda pelaksanaan Pilkades di Desa Sungai Baung, yang sedianya akan digelar pada 29 Agustus ini secara serentak dengan beberapa desa lain sekabupaten PALI.

"Saudari Shinta Andayani telah digugurkan oleh mantan Panitia Pilkades yang notabene sudah mengundurkan diri. Sehingga jika tetap digelar, maka Pilkades Sungai Baung terindikasi cacat hukum," teriak salah satu peserta demo.

Untuk itu, mereka meminta DPRD dan Pemkab PALI agar memberikan keadilan pada warga Sungai Baung berupa penundaan Pilkades itu. Sebelum terjadi konflik di tengah masyarakat.

"Jangan ajari masyarakat untuk melanggar hukum. Karena fakta di lapangan tahapan yang dilaksanakan oleh Panitia Pilkades di desa kami sudah cacat hukum. Jika aspirasi kami tidak didengarkan, maka kami akan membawa persoalan ini ke jalur hukum," tegas Yakub, salah satu orator.

Selain itu, tambahnya, jika DPRD PALI dan Pemkab PALI yang saat ini sedang sibuk bereuforia pada peringatan HUT RI ke-74, tidak memperhatikan aspirasi rakyatnya yang sedang terjepit. Maka mereka meminta agar dikembalikan saja ke Kabupaten Muara Enim.

"Kami dahulu sebelum bergabung dengan PALI, masuk pada Kecamatan Benakat Muara Enim. Oleh karenanya, jika aspirasi kami diabaikan saja, tolong kembalikan saja kami ke Muara Enim!" cetusnya.

Sementara itu, H Darmadi Suhaimi SH, Wakil Ketua II DPRD PALI yang menerima para pengunjuk rasa, berjanji untuk mengakomodir tuntutan masyarakat tersebut, dengan cara menyampaikan rekomendasi pada pihak Pemkab PALI.

"Kami sebagai DPRD hanya bisa menyampaikan aspirasi ini pada eksekutif (Pemkab PALI)," singkatnya.

Pada saat berita ini ditayangkan, lima orang perwakilan pengunjuk rasa, termasuk Cakades yang digugurkan Panitia Pilkades Sungai Baung, Shinta Andayani sedang melakukan perbincangan dengan politisi dari PAN itu, didampingi Aswawi, DPRD PALI dari partai PPP dan Sekdin DPMD PALI, Mardiansyah SH. (LN 02/ red)

Posting Komentar