Foto net

# Kurangi Konsunsi Air Sumur

Prabumulih, LapartaNews - Memasuki musim kemarau panjang menyebabkan kekeringan dan krisis air bersih. Kondisi ini rentan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan akut (Ispa).

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Happy Tedjo TS mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan berprilaku hidup sehat. Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin dan air minum yang higienis.

"Dua jenis penyakit inilah yang kerap menyerang. Khususnya pada anak-anak. Untuk itu perlu diwaspadai dengan berprilaku hidup sehat," ujar Tedjo saat dikonfirmasi, Jumat (16/08/2019).

Lebih lanjut Tedjo mengingatkan, agar masyarakat mengurangi kebiasaan mengkonsumsi air sumur selama musim kemarau. Mengingat sirkulasi air sumur saat kemarau panjang kurang baik, sehingga banyak bakteri yang mengendap dalam sumur yang dapat menyebabkan penyakit diare.

"Sebaiknya dalam proses memasaknya harus lebih lama lagi. Agar kuman dan bakteri jahat bisa mati. Sebisa mungkin mengkonsumsi air minum isi ulang yang tingkat kehigienisannya lebih terjamin melalui proses filterisasi," jelasnya.

Sementara itu, penyakit Ispa sendiri kerap menyerang di musim kemarau. Mengingat banyak debu bertebaran yang dapat mempengaruhi saluran pernafasan.

"Apalagi ditambah dengan polusi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Untungnya kabut asap tidak sampai ke Prabumulih. Namun antisipasi akibat polusi udara sebaiknya menggunakan masker saat berkendara," jelasnya.

Guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinkes Kota Prabumulih menyediakan layanan call center 119. Layanan panggilan darurat ini akan terhubung langsung ke pusat yang kemudian dikoneksikan ke pusat layanan di Puskesmas Delinon, Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur.

"Bila sudah terjangkit diare dan ispa segera berobat ke dokter. Selain call centre 119 bisa juga menghubungi nomor 085367321119. Petugas kesehatan akan datang ke rumah pasien untuk memberikan pelayanan," imbuhnya. (LN 01)

Posting Komentar