Prabumulih, Laparta News - Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha biasanya permintaan akan hewan kurban seperti kambing dan sapi makin banyak dicari pembeli. Momen ini pun biasanya kerap dijadikan kesempatan bagi para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya dalam mencuri hewan ternak.

Untuk itu Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK meminta masyarakat khususnya pemilik ternak agar lebih waspada dalam menjaga hewan ternaknya. Kapolres menghimbau agar warga yang memiliki hewan ternak untuk tidak melepas atau meliarkan hewan ternaknya.

"Biasanya para pelaku akan mengincar hewan ternak yang diliarkan oleh pemiliknya. Sebaiknya hewan ternak tidak diliarkan, siapkan kandang demi kemanan hewan ternak," ujar Kapolres Prabumulih, Senin (05/08/2019).

Kapolres menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan menindak tegas pelaku pencurian hewan ternak. Kapolres juga telah menginstruksikan seluruh jajarannya di setiap polsek untuk menjalin koordinasi bersama peternak maupun penjual hewan kurban.

"Apalagi jelang Idul Adha nanti permintaan akan hewan kurban sangat meningkat. Untuk itu perlu kewaspadaan bagi pemilik ternak," jelasnya.

Kapolres juga menghimbau masyarakat khususnya pembeli hewan ternak untuk lebih jeli dalam membeli hewan ternak yang akan dikurbankan. Hendaknya hewan kurban dibeli melalui pedagang untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Jangan karena tergiur dengan harga yang murah nantinya akan menimbulkan masalah. Yang jelas untuk mengantisipasinya kita akan lakukan giat patroli rutin," pungkasnya. (LN 01)



Posting Komentar