Salah satu anggota TNI di Satuan Batalyon Kavaleri-5 Dwi Pangga Ceta (DPC) Karang Endah saat lakukan cek rutin kesehatan

Muara Enim, LapartaNews - Untuk memastikan anggotanya dalam keadaan sehat dan prima, puluhan TNI di Satuan Batalyon Kavaleri-5 (Yonkav-5) Dwi Pangga Ceta (DPC) Karang Endah diwajibkan untuk rutin lakukan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) secara berkala.

Komandan Batalyon Kavaleri-5/DPC Karang Endah, Letkol Kav Shawaf Al Amien, SE mengatakan, kegiatan Rikkes anggota TNI ini dilakukan secara periodik dan bertujuan untuk melihat atau mendeteksi perkembangan kesehatan para anggotanya.

"Bila mana ada terindikasi gangguan kesehatan atau terdapat gejala, maka tim medis dari satuannya akan memberikan berupa nasehat kedokteran," ujarnya kepada awak media, Kamis pagi (5/9/2019) usai pelaksanaan Rikkes tersebut.

Adapun cek kesehatan rutin yang dilakukan yakni meliputi pengecekan tensi, darah, jantung, rontgen, THT dan urine. Dari hasil cek kesehatan rutin tersebut akan diketahui indikasi penyakit yang diderita setiap anggota.

"Sehingga bisa dideteksi sedini mungkin untuk dilakukan tindakan medis. Bahkan jika perlu akan diberi rujukan ke rumah sakit (Rumkit) untuk tindak lanjutnya," bebernya.

Danyonkav-5/DPC menyampaikan kesehatan adalah pokok utama dalam menjalankan tugas sebagai TNI. Untuk itu, agar badan selalu sehat dan prima tentu juga harus ditunjang dengan banyak berolahraga.

"Dengan berolahraga mudah-mudahan terhindar dari penyakit serta kesehatan akan selalu terjaga. Tidak ada gunanya kita punya uang banyak bila kesehatan kita terganggu  begitu pentingnya kesehatan, sehingga ada orang yang rela membayar dengan mahal untuk kesehatan dirinya dikala yang bersangkutan sakit," pungkasnya. (LN01/red)

Posting Komentar