Sekda Kota Prabumulih didampingi Kajari Kota Prabumulih saat meninjau ratusan bonsai yang diikutkan dalam pameran dan kontes bonsai di atrium GOR Prabujaya

Prabumulih, LapartaNews - Sebanyak kurang lebih 200 tanaman bonsai berbagai jenis ditampilkan dalam acara pameran dan kontes bonsai yang digelar oleh Kejaksaan Negeri Kota Prabumulih. Kegiatan ini digelar sekaligus untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 18 Kota Prabumulih.

Bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Prabujaya, Jumat (20/09/2019), ratusan bonsai ini berhasil menyedot perhatian masyarakat, khususnya pecinta bonsai di Kota Prabumulih.

Mereka berdecak kagum melihat dengan detail keunikan dan keindahan ratusan tanaman bonsai yang menyimpan nilai eksotis tinggi dibalik indahnya tanaman kerdil itu.

Acara yang sudah kedua kalinya digelar oleh Kejaksaan Negeri Prabumulih ini dibuka langsung oleh Sekda Kota Prabumulih, Elman ST. Turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Prabumulih, Husein Atmadja SH, Kepala Rutan Kelas II Prabumulih Reza Meidiansyah Purnama Amd IP SH, Ketua Pengadilan Agama Prabumulih, Subdenpom dan Danramil serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Prabumulih.

Dalam sambutannya, Elman menyambut baik kegiatan kontes dan pameran bonsai yang digelar oleh Kajari Prabumulih. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif lain dalam mewujudkan destinasi wisata di Kota Prabumulih.

Selain memberikan nilai tersendiri bagi komunitas pecinta bonsai, kegiatan ini diharapkan juga dapat menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk lebih peduli dalam melestarikan lingkungan.

"Apalagi kalau acara seperti ini digelar skala nasional. Tentunya akan lebih ramai lagi pesertanya. Kita Pemkot Prabumulih siap mensuport kegiatan positif seperti ini," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Kajari Prabumulih M Husein Admaja SH menyampaikan, dengan digelar event seperti ini para pecinta bonsai bisa dapat mempererat tali silahturahmi. Tidak hanya sekedar mencari siapa yang terbaik, namun melalui kegiatan ini diharapkan bisa dijadikan sebagai wadah untuk saling berbagi ilmu bagi sesama pecinta bonsai.

"Ini yang kedua kalinya kita buat event pameran dan kontes bonsai. Antusias peserta cukup tinggi, sebenarnya pameran dan kontes bonsai ini digelar tingkat lokal. Namun, ternyata ada juga peserta dari luar Prabumulih yang berminat untuk ikut dalam acara ini," jelasnya.

Masih kata Husein, dalam kontes bonsai itu pihaknya sengaja tidak mencari siapa pemenang. Namun, pihaknya memilih dan menilai 10 tanaman bonsai yang terbaik. Dilihat dari tekstur batang, dahan, ranting, daun maupun usia dari bonsai itu sendiri.

"Kesepuluh yang terbaik itu kita berikan plakat dan uang pembinaan yang nilainya sama besar. Kita ingin melalui kegiatan ini kecintaan masyarakat untuk bertanam bonsai makin meningkat. Karena saya juga termasuk penghobi bonsai sebagai pengisi waktu di hari libur. Untuk menghilangkan jenuh dan capek saya memilih merawat bonsai-bonsai koleksi saya di rumah," bebernya.

Ari Fajar Ardana selaku Ketua Pelaksana menambahkan, kurang lebih 200 tanaman bonsai yang dipamerkan merupakan milik 150 peserta yang terdaftar. Untuk penilaian sendiri pihaknya sengaja mengundang juri yang telah memiliki sertifikasi dari Jepang.

"Ada puluhan jenis tanaman bonsai yang dipamerkan, mulai dari berbagai jenis beringin, cemara udang, anting putri, asam jawa dan jenis tanaman bonsai lainnya," pungkasnya. (LN 01)

Posting Komentar