Gubernur Sumbar Nasrul Abit

Sumbar, LapartaNews - Tersiarnya sejumlah pemberitaan tentang produk alat kontrasepsi dengan varian rasa rendang yang di produksi salah satu perusahaan kondom di Malaysia membuat resah masyarakat luas. Khususnya masyarakat Sumatera Barat.

Pasalnya, rendang yang merupakan masakan khas Nusantara yang berasal dari Ranah Minang, Sumatera Barat itu dijadikan sebagai salah satu varian rasa kondom oleh perusahaan tersebut.

Kabar yang membuat heboh masyarakat itu pun sampai ke telinga Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang membuat dirinya berang dan kecewa dengan dirilisnya produk alat kontrasepsi tersebut dengan membuat varian rasa rendang.

Menurutnya, hal itu adalah bentuk pelecehan terhadap sajian khas Minang yang telah dinobatkan sebagai salah satu hidangan terenak di dunia oleh CNN. Meskipun Malaysia juga punya sajian rendang yang pernah diklaim sebagai hidangan tradisional asli Negeri Jiran itu.

“Ini sangatlah tidak benar dan aneh. Rendang itu masakan kebanggaan kita. Kenapa harus dijadikan sebagai salah satu varian rasa dalam produk mereka,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (4/9/2019).

Meski kecewa dan marah akan hal itu, namun Nasrul meminta masyarakat di Sumbar tidak terpancing atas pemberitaan dan informasi tersebut. Sebab, rendang asli Ranah Minang tidak pernah dibuat macam-macam.

Dia menegaskan, rendang yang sebenar-benarnya adalah rendang yang dibuat dan keluar dari Sumbar. Tidak hanya masyarakat Minang, masakan rendang pun juga digemari banyak orang. Baik dalam maupun luar negeri.

“Kita perkuat saja randang asli Sumbar ini dari sektor halal dan kesehatannya. Sehingga tidak perlu kita mengurusi mereka yang membawa nama rendang tersebut,” katanya.

Sebelumya, sejumlah pemberitaan media online nasional memuat tentang adanya alat kontrasepsi dengan cita rasa rendang. Perusahaan di Negeri Jiran ini membuat alat kontrasepsi rasa randang untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-62 Malaysia pada Sabtu (31/8/2019).

Hanya saja, alat kontrasepsi rasa randang ini hanya akan dijual dalam periode terbatas. Alat kontrasepsi yang diberi nama Super Sentive Perisa rendang ini dijual dengan harga RM5.85 (Rp19.300) perkotaknya berisikan tiga buah kondom. (Red/net)

Posting Komentar