Kapolres Prabumulih melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan yang akan dikerahkan untuk pengamanan pilkades serentak 2019

Prabumulih, LapartaNews - Guna menciptakan rasa aman dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak 2019, Polres Prabumulih mengerahkan sebanyak 178 personelnya. Penyebaran personel pengamanan ini dilakukan saat apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudharmaya SIK, pada Jumat pagi (29/11/2019) pukul 07.30 WIB.

Seluruh personel yang telah disiapkan akan disebar dan ditempatkan di tiga desa yang akan menggelar pilkades serentak. Ketiga desa ini diantaranya Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Desa Pangkul dan Desa Muara Sungai, Kecamatan Cambai.

Dalam amanahnya, Kapolres Prabumulih menjelaskan penyebaran pasukan yang dilakukan oleh korpsnya ini bertujuan agar pelaksanaan pilkades serentak yang akan digelar pada 30 November 2019 bisa terlaksana dengan aman dan kondusif.

Dalam situasi Kamtibamas, peningkatan intesitas kegiatan politik ini tentu nya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran berita hoax dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah kehidupan bermasyarakat.

"Jangan sampai kita terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebagai warga negara sesuai profesi masing-masing baik aparat pemerintah, TNI dan POLRI maupun elemen masyarakat dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka bersatu, berdaulat adil dan makmur adalah merupakan tanggung jawab kita bersama," tegasnya.

Masih kata Wayan, menang kalah dalam pelaksanaan pilkades adalah yang biasa. Itu semua dikembalikan kepada masyarakat desa yang akan memilih siapa calon pemimpin mereka yang benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Kpada kepala desa yang terpilih nantinya diharapkan dapat menjalankan amanah sebagai kades yang baik. Serta yang belum terpilih dapat mendukung dan bekerja sama dengan kades terpilih," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Fauzan Akmal SSTP MM melalui Kabid Pemdes Fatkhan Mubina SKM MSi menjelaskan, pelaksanaan Pilkades serentak akan dilakukan pada 30 November 2019. Adapun jumlah calon yang akan bertarung di Pilkades itu sebanyak 10 orang yang tersebar di tiga desa yakni Desa Karya Mulya, Desa Pangkul dan Desa Muara Sungai.

Untuk Desa Karya Mulya terdapat 5 calon dengan nomor urut 1 Sugeng, 2 Lagiyanto, 3 Sujana, 4 Mika Radisi, 5 Mirli Firacha AMd. Selanjutnya Desa Muara Sungai terdiri dari 3 orang dengan nomor urut 1 Lidar Yadi, 2 Fahrul, 3 Redi Imlan dan Desa Pangkul sebanyak 2 orang yakni nomor 1 Jakaria Yadi, 2 Aman Usri.

"Segala persiapan untuk pilkades ini telah dilakukan. Tinggal menunggu masa pencoblosan. Begitu juga pengamanan yang dibantu oleh TNI dan Polri juga telah dikerahkan hari ini. Mudah-mudahan pelaksanaan pilkades serentak ini bisa berjalan dengan aman dan damai," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar