10 calon kepala desa foto bersama usai menggelar deklarasi damai yang dipimpin oleh Sekda Kota Prabumulih Elman ST

Prabumulih, LapartaNews - Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar deklarasi damai bersama 10 calon kepala desa yang akan maju dalam pemilihan kepala desa (Pilkades).

Deklarasi damai yang dipimpin langsung oleh Sekda Kota Prabumulih Elman ST ini digelar pada Senin (18/11/2019) di aula Ruang Rapat Kantor Pemkot Prabumulih. Selain dihadiri ke 10 calon, giat ini juga turut dihadiri oleh Camat, Kades, Kepanitiaan dan Forkopimda.

Dalam sambutannya, Elman menjelaskan kegiatan deklarasi damai tersebut sengaja dilakukan dengan tujuan untuk menyukseskan pelaksanaan pilkades dan agar pilkades dapat berjalan sesuai dengan azas bebas umum dan rahasia.

Menurut Elman, pemilihan di tingkat desa memang cenderung rawan. Namun dia berharap tingkat kerawanan itu bisa ditekan melalui kerja sama yang baik oleh banyak pihak.

"Dengan adanya deklarasi damai ini kita semua diharapkan dapat menjaga kemanan dan ketertiban serta kelancaran dalam pelaksanaan pilkades nanti. Semua unsur yang terlibat didalamnya juga harus berranggungjawab atas kelancaran pelaksanaan pilkades nanti," ujar Elman.

Lebih lanjut Elman mengatakan, pihaknya melalui perangkat desa dan kepanitiaan telah menghimbau dan mengajak seluruh warga masing-masing desa penyelenggara untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif.

“Dalam Pilkades, beda pilihan itu pasti sebagai konsekuensi logis dari demokrasi. Dalam demokrasi yang bukan pilihan adalah keamanan. Karena itu merupakan kewajiban semua pihak untuk menjaganya,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Fauzan Akmal SSTP MM melalui Kabid Pemdes Fatkhan Mubina SKM MSi menjelaskan, pelaksanaan Pilkades serentak akan dilakukan pada 30 November 2019 mendatang. Adapun jumlah calon yang akan bertarung di Pilkades itu berjumlah 10 orang yang tersebar di tiga desa yakni Desa Karya Mulya, Desa Pangkul dan Desa Muara Sungai.

Untuk Desa Karya Mulya terdapat 5 calon dengan nomor urut 1 Sugeng, 2 Lagiyanto, 3 Sujana, 4 Mika Radisi, 5 Mirli Firacha AMd. Selanjutnya Desa Muara Sungai terdiri dari 3 orang dengan nomor urut 1 Lidar Yadi, 2 Fahrul, 3 Redi Imlan dan Desa Pangkul sebanyak 2 orang yakni nomor 1 Jakaria Yadi, 2 Aman Usri.

"Sejuah ini sudah masuk dalam tahap persiapan logistik seperti menyiapkan kotak suara, surat suara, perangkat kepanitiaan, formulir, surat undangan dan kelengkapan TPS. Untuk penetapan nomor urut calon kades juga telah dilakukan," ujar Fatkhan.

Fatkhan menjelaskan, untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pilkades di tiga desa tersebut berjumlah 6705 orang. Diantaranya, Desa Pangkul 3042 terdiri dari laki-laki 1503 perempuan 1539, Desa Karya Mulya sebanyak 1868, laki-laki 948 perempuan 920 dan Desa Muara Sungai 1795, laki-laki 893, perempuan 902.

"Seluruh calon kades ini nantinya akan diberikan kesempatan untuk mensosialisasikan diri serta fisi dan misi kepada masyarakat selama 3 hari. Kita berharap pelaksanaan pilkades ini dapat berjalan dengan lancar dan dan aman," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar