Bupati PALI Ir H Heri Amalindo saat memberikan piagam kepada Duta Cegah Stunting TP-PKK Kelurahan dan Desa se Kecamatan Talang Ubi
PALI, LapartaNews - Kabupaten Penukal Abab Lematang (PALI) terus mengupayakan kesehatan masyarakat khusisnya dalam mengatasi kekurangan gizi pada anak-anak. Melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan keluarga (TP-PKK) PALI melantik dan mengukuhkan Duta Cegah Stunting TP-PKK Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Talang Ubi.

Pengukuhan Duta stunting TP-PKK tersebut dilakukan oleh Dewan Pembina TP-PKK Kabupaten PALI, Ir H Heri Amalindo MM, pada Rabu (5/2/2020) di kantor Camat Talang Ubi, Handayani Mulya.
Bupati PALI foto bersama dengan Kapolres PALI serta sejumlah Duta Cegah Stunting usai melakukan pengukuhan
H Heri Amalindo mengajak TP-PKK dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten PALI untuk bersinergi dalam mencegah anak dari bahaya stunting, agar mereka dapat tumbuh sehat dengan mengutamakan pola hidup sehat.

''Artinya dalam mencegah stunting perlu kerjasama yang baik dengan seluruh elemen masyarakat dalam menangani stunting,'' katanya.
Bupati PALI Ir H Heri Amalindo saat membubuhkan tanda tangan pelantikan Duta Cegah Stunting
Bupati juga mengajak seluruh duta stunting yang telah di kukuhkan untuk menerapkan hidup sehat di masyarakat maupun di desa.

''Duta yang telah di kukuhkan agar mensosialisasikan kepada masyarakat agar memperhatikan kesehatan dari makanan, lingkungan yang bersih dan sebarluaskan penyebab dan bahayanya stunting, karena stunting bisa menghambat pertumbuhan dan kecerdasan anak,'' ajaknya.
Pemberian piagam oleh Bupati PALI kepada Duta Cegah Stunting
Sementara itu, dr. Chairunisa salah satu dokter di Puskesmas Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, menyampaikan pencegahan stunting di mulai dari masa kehamilan sudah bisa di pantau, perkembangan dan asupan gizi ibu hamil, setelah melahirkan masih dalam usia 0-6 bulan, kemudian sasarannya usia 6-23 bulan diberikan makanan pendamping.

''Tugas kami adalah melakukan pendampingan serta merubah perilaku ibu dan pola pengasuhan, yang muaranya ialah peningkatan gizi," ujarnya.

Tahapan selanjutnya melakukan pemantauan pengobatan, dimana anak rentan diare untuk dilakukan pendampingan serta memantau perkembangan anak.
Bupati PALI saat menyampaikan pidatonyadalam acara Pelantikan Duta Cegah Stunting
Dampak kekurangan gizi pada anak berkonsekuensi bukan saja pada usia kecil anak, tetapi berdambak pada sepanjang hidupnya, stunting juga berdampak pada kapasitas usia sekolah, pekerjaan, bahkan resiko penyakit," jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut. Bupati PALI selaku Dewan Pembina TP-PKK Kabupaten, Waka Polres PALI, Kapolsek Talang Ubi, Dandim, Danramil, Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Talang Ubi beserta pengurus dan anggota TP-PKK, pihak kesehatan, dan tamu undangan lainnya. (Adv/LN 02)

Posting Komentar