Ratusan personel Polres Prabumulih dibantu anggota Koramil, Satop PP dan Dinas Kebersihan saat melakukan aksi bersih-bersih di Pasar Tradisional Modern (PTM)

Prabumulih, LapartaNews - Bahaya virus corona atau covid -19 yang mewabah sejumlah negara di belahan dunia ternyata mulai masyarakat Indonesia. Sebab virus berbahaya yang awalnya mulanya muncul di Kota Wuhan Cina itu dengan cepat menyebar dan menyerang manusia hingga menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

Bahkan belakangan ini sejumlah warga negara Indonesia di beberapa daerah pun juga diduga terjangkit suspect virus corona. Untuk itu, wabah virus ini harus dicegah sedini mungkin agar penyebarannya tidak meluas.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Polres Prabumulih mengerahkan ratusan personelnya untuk turun ke jalan melakukan akso bersih-bersih dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Dibantu oleh anghota Koramil, Satpol PP dan Dinas Kebersihan Kota Prabumulih, aksi bersih-bersih ini dilakukan di pusat keramaian seperti Pasar Tradisional Modern (PTM).

Ratusan petugas yang dibekali peralatan lengkap seperti sapu, cangkul, serokan sampah dan karung langsung menyerbu pasar dan membersihkan setiap sudut pasar yang terlihat kumuh. Tumpukan sampah yang membuat drainase buntu kini mulai lancar setelah dikeruk dan dibersihkan secara gotong royong.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudharmaya SH SIK yang turun langsung ke lokasi turut berjibaku membersihkan sampah. Dalam kesempatan itu, Kapolres Prabumulih menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat khususnya para pedagang di PTM untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Menurutnya, perilaku hidup sehat memang harus ditanamkan dan ditingkatkan dalam diri sendiri. Tidak hanya di lingkungan keluarga, perilaku hidup bersih dan sehat juga harus diterapkan dalam lingkungan masyarakat.

"Ini adalah tanggungjawab kita bersama. Untuk itu marilah kita menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari segala bentuk virus penyakit. Khususnya virus corona yanh saat ini mulai menghantui masyarakat kita," ujar Kapolres Prabumulih di sela-sela kegiatan gotong royong yang digelar pada Sabtu (14/03/2020).

Lebih lanjut Kapolres Prabumulih menuturkan, selain melakukan aksi bersih-bersih pihaknya juga memberikan hand sanitizer kepada para pedagang di sekitar PTM. Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah sudut pasar untuk mencegah berkembangbiaknya virus penyakit yang sewkatu-waktu dapat menyerang manusia.

"Mudah-mudahan dengan aksi bersih-bersih ini bisa dijadikan sebagai contoh bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Lebih baik kitaemcegah daripada mengobati. Semoga kita semua dapat terbebas dari ancaman bayaha virus corona ini," harapnya.

Sementara itu, Yani (38) satu diantara pedagang di PTM mengaku simpatik dengan aksi bersih-bersih yang digelar oleh Polres Prabumulih. Menurutnya, kegiatan tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk banyak orang.

"Kami juga kaget saat melihat banyak anggota polisi yang masuk pasar, ternyata pak polisi malah mengajak kita untuk bersih-bersih pasar. Kami sebagai pedagang sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi saat seperti ini kita dikhawatirkan dengan virus corona yang telah banyak memakan korban jiwa. Kita sebagai orang awan tentunya sangat takut dan khawatir," ungkapnya. (LN 01)

Posting Komentar