Petugas tim medis PSC 119 melakukan rapit tes covid-19 kepada Kepala Cabang BSB Prabumulih dan sejumlah pegawainya. Dari test yang dilakukan diketahui hasilnya negativ
Prabumulih, LapartaNews - Mobil ambulan milik Tim Public Safety Centre (PSC) 119 Kota Prabumulih mendatangi kantor kas cabang Bank Sumsel Babel (BSB) Prabumulih pada Selasa siang (14/04/2020). Kedatangan tim medis PSC 119 ini tidak lain adalah untuk melakukan rapid test atai tes cepat covid-19 setelah dihubungi oleh Kepala Cabang BSB Prabumulih, Tian K Yamin.

Dua orang petugas medis dengan pakaian lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD) langsung turun dari dalam mobil ambulan. Dengan membawa sejumlah peralatan medis berupa alat rapid test mereka kemudian melakukan pengecekan terhadap Kepala Cabang BSB Prabumulih dan sejumlah pegawai lainnya.

Rapid test ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti apakah pimpinan serta pegawai BSB terpapar covid-19 atau tidak. Dari hasil test yang dilakukan terhadap tiga orang pegawai ternyata diketahui hasilnya negativ.

Tian K Yamin menjelaskan, pihaknya sengaja menghubungi Tim PSC 119 untuk melakukan rapid test kepada dirinya dan sejumlah pegawai. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran wabah virus corona di kalangan pegawai bank. Sebab menurutnya bank salah satu pusat pelayanan publik yang kerap berinteraksi dengan masyarakat atau nasabah.

"Untuk itu kita harus waspada, karena kita juga dituntut harus sehat dan bersih agar terhindar dari bahaya virus covid-19. Untuk itu kita meminta bantuan kepada Tim PSC 119 melakukan rapid tes covid 19. Alhamdulillah syukur hasilnya negatib semua," ujarnya kepada media usai menjalani rapid test.

Tian menuturkan, sejauh ini rapid test baru dilakukan kepada dirinya dan dua orang pegawai lain yang bekerja di BSB Cabang Prabumulih. Mengingat riwayat perjalanan dinas yang sebelumnya dilakukan bersama dengan almarhum pasien covid-19 beberapa waktu lalu.

Namun, untuk memastikan keadaan jauh lebih aman pihaknya akan melakukan rapid test lanjutan kepada sejumlah pegawai lainnya.

"Rapid test ini memang sangat perlu dilakukan, karena dari hasil tes cepat ini dapat diketahui apakah positiv atau negativ covid-19. Apalagi kita sebagai pelayan publik yang sering kontak dan berinteraksi langsung dengan para nasabah. Setidaknya kita bisa mengetahui hasilnya dan tidak cemas, namun tetap waspada meskipun hasilnya negativ," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Happy Tedjo menuturkan, pihaknya melalui Tim PSC 119 siap melayani permintaan masyarakat untuk melakukan cek kesehatan. Tidak hanya cek kesehatan semata, tim PSC 119 juga siap melayani masyarakat yang ingin melakukan rapid test, khususnya yang memiliki gejala klinis covid-19.

"Tim kita stanby 24 jam melayani masyarakat. Silahkan hubungi ke 119, jam berapa pun dihubungi tim kita akan datang langsung ke rumah pasien. Untuk rapid test sendiri kita sudah ada alatnya kurang lebih 2000, ini digunakan untuk memwnuhi permintaan masyarakat," jelas dr Tedjo.

Lebih lanjut dr Tedjo mengatakan, masyarakat tidak perlu cemas atau khawatir untuk menghubungi petugas medis PSC 119. Khusus pasien yang memiliki gejala klinis covid-19 petugas akan datang dengan pakaian APD lengkap untuk melayani pasien. Hal ini dilakukan sesuai dengan standar operasional pelayanan kesehatan.

"Karena kita kan tidak tahu hasilnya positif atau negatif. Makanya petugas harus dilengkapi dengan APD lengkap saat melayani masyarakat. Bukan untuk menakuti masyarakat," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar