Walikota Prabumulih pimpin giat penyemprotan cairan disinfektan secara massal dan membagikan masker gratis kepada masyarakat

Prabumulih, LapartaNews - Bertambahnya jumlah kasus pasien psotif covid-19 di Kota Prabumulih membuat Pemerintah Kota Prabumulih terus bergerak melakukan langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Kali ini, Pemkot Prabumulih kembali turun ke jalan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di jalan raya, fasilitas umum dan pemukimanan warga. Giat ini turut dibantu dan disuport oleh instansi vertikal lainnya seperti Polres Prabumulih, Yon Zipur Samara Grawira 2, Pt Pertamina EP Asset 2, organisasi pemuda KNPI dan MPC Kota Prabumulih serta sejumlah relawan.

"Kegiatan penyemprotan massal ini merupakan yang ke empat kalinya kita lakukan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencegah penyebaran virus corona di tengah masyarakat," ujar Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, di sela kegiatan penyemprotan massal pada Selasa, (21/04/2020).

Ridho menuturkan, Pemkot Prabumulih juga mengapresiasi peran serta sejumlah instansi vertikal dan organisasi kepemudaan serta relawan y
di Kota Prabumulih yang turut peduli membantu pemerintah dalam memerangi wabah virus corona. Menurutnya, usaha yang dilakukan pemerintah tidak akan berjalan baik tanpa adanya dukungan serta kesadaran masyarakat dalam mencegah penyebaran virus tersebut.

"Mari kita bersatu bahu membahu untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Apalagi saat ini Prabumulih merupakan wilayah zona merah yang jumlah positif coronanya terus bertambah. Kita harus waspada dan benar-benar serius dalam mengatasi hal ini," ungkapnya.

Di samping menyiapkan rusunawa sebagai tempat isolasi pasien corona, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit swasta di Kota Prabumulih untuk menyiapkan ruang isolasi dalam menangani pasien yang terjangkit wabah cirus corona. Selain menyiapkan ruang isolasi sebanyak 6 ruangan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih, sejumlah rumah sakit swasta pun juga diminta untuk menyiapkan ruang yang sama dalam menangani pasien covid-19.

"Kita sudah minta kepada pihak rumah sakit swasta, seperti RS Pertmina, RS AR Bunda dan RS Fadillah untuk menyiapkan ruang isolasi. Masing-masing rumah sakit itu akan menyiapkan dua ruang khusus untuk isolasi pasien covid-19," jelasnya.

Bahkan untuk menanggulangi dampak pandemi virus corona Pemkot Prabumulih telah membagikan sembako 34 ribu untuk tahap pertama sudah dilakukan. Bantuan tersebut berupa 20 kilogram beras, dua dus mie instan dan satu botol kecap.

"Untuk tahap awal bantuan ini sudah kitas serahkan langsung kepada masyarakat. Kedepan tahap berikutnya akan kita siapkan, apalagi mau memasuki bulan Ramadhan," imbuhnya seraya menuturkan pihaknya juga turut membagikan puluhan ribu masker gratis kepada masyarakat.

Masih kata Ridho, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap mematuhi arahan protap kesehatan dalam mengindari wabah virus corona. Menjaga pola hidup bersih dan sehat, rutin mencuci tangan sesudah dan sebelum beraktifitas, menggunakan masker, mengurangi aktifitas di luar rumah dan mengkonsumsi vitamin serta olahraga yang cukup.

"Kita juga menyiapkan tim medis melalui PSC 119 yang stanby 24 jam untuk melayani masyarakat. Dengan langkah dan upaya yang telah kita lakukan ini kita berharap agar penyebaran wabah corona dapat diminimalisir sehingga Prabumulih kembali normal seperti sebelumnya," pungkas Ridho Yahya. (LN 01)

Posting Komentar