Sejumlah pejabat struktural dan pegawai Pemkot Prabumulih saat berbelanja kebutuhan rumah tangga di pasar Teminal lingkar Timur
Prabumulih, LapartaNews - Pemerintah Kota Prabumulih terus berupaya melakukan sosialisasi pemindahan pedagang pasar pagi di Terminal Pasar Tradisional Modern (PTM) ke Terminal Type B Lingkar Timur. Hal ini dilakukan dalam rangka pengaturan jarak pedagang selama penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Kota Prabumulih.

Bahkan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi pedagang kecil yang telah menempati lokasi Terminal Lingkar Timur, Pemkot Prabumulih mengerahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menggelar belanja bersama.

Asisten 1 Kota Prabumulih, Drs Aris Priadi saat dikonfirmasi menjelaskan, digelarnya kegiatan belanja bersama ini tidak lain adalah untuk membangkitkan gairah ekonomi pasar di masa pandemi wabah virus corona. Sebab banyak pedagang yang mengaku pendapatan mereka mengalami penurunan selama masa pandemi ini menyerang Kota Prabumulih.

"Untuk itulah kita mengerahkan OPD untuk berbelanja bersama di pasar pagi Terminal Lingkar Timur. Tujuannya tidak lain agar ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan baik," ujar Aris Priadi saat meninjau aktifitas pedagang di pasar pagi Terminal Lingkar Timur, Senin dini hari (1/06/2020).

Agar aktifitas ekonomi pasar terus berkembang, pihaknya telah mengatur jadwal belanja bersama yang melibatkan seluruh OPD mulai dari Dinas, Kepala Badan, Camat, Lurah, Kepala Desa, Kepala Sekola, Kepala Puskesmas untuk turun ke pasar berbelanja memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga.

"Mereka para pedagang sudah mau pindah ke lokasi yang telah disiapkan di Terminal Lingkar Timur. Untuk itu kita juga harus turut mensuport dengan cara belanja bersama. Dengan ini kita harapkan pedagang bisa terbantu dalam sisi ekonominya," jelasnya.

Masih kata Aris, tidak hanya untuk belanja bersama, dengan dikerahkannya seluruh OPD ini diharapkan mereka juga bisa mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menjalani protokol kesehatan. Khususnya dalam menjaga jarak, penggunaan masker serta cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

"Intinya belanja sambil sosialisasi protokol kesehatan kepada pedagang dan pembeli. Penggunaan masker di pasar pagi ini wajib untuk pedagang maupun pembeli," imbuhnya.

Sementara itu, Riska satu diantara pedagang mengaku senang dengan dikerahkannya seluruh OPD untuk belanja di pasar pagi Terminal Lingkar Timur. Dengan demikian diharapkan pembeli atau pengunjung pasar pagi makin ramai.

"Mudah-mudahan saja hal positif seperti ini bisa menambah pemasukan kita sebagi pedagang sayur. Dan kami juga merasa senang berdagang di sini karena lahannya yang luas dan nyaman," imbuhnya. (LN 01)

Posting Komentar