Kepala Desa Karya Mulya didampingi anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas saat menyalurkan BLT DD kepada warga yang berhak menerima bantuan tersebut
Prabumulih, LapartaNews - Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang disiapkan oleh seluruh desa se Kota Prabumulih mulai disalurkan. Dalam penyalurannya, pihak desa juga turut melibatkan TNI dan Polri yang bertugas sebagai anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Seperti yang dilakukan dalam penyaluran BLT DD di Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), bantuan uang tunai senilai Rp 600 ribu per kepala keluarga (KK) itu dikawal oleh anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Hal ini dimaksudkan agar dalam penyaluran BLT DD tersebut benar-benar dilakukan secara transparan dan tetap sasaran, khususnya kepada penerima manfaat yang terdampak covid-19.

Terdapat sebanyak 7 KK yang terdaftar sebagai penerima manfaat BLT DD di Desa Karya Mulya. Bantuan tersebut diberikan selama tiga bulan mulai dari April, Mei dan Juni.

"Alhamdulillah hari ini BLT Dana Desa sudah kita salurkan kepada penerima manfaat. Penyerahannya langsung dilakukan secara door to door kepada warga yang terdaftar sebagai penerima manfaat. Penyaluran ini dikawal oleh anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas," ujar Kepala Desa Karya Mulya, Miril Firacha, Sabtu (16/05/2020).

Lebih lanjut Miril menjelaskan, ke tujuh warga yang terdaftar sebagai penerima manfaat BLT DD dipilih secara musyawarah. Mereka dianggap layak sebagai penerima berdasarkan kesepakatan dan mustawarah yang dilakukan oleh perangkat desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD, RT serta tokoh masyarakat.

"Intinya mereka adalah orang yang belum sama sekali mendapatkan bantuan dari program pemerintah. Baik itu berupa BLT dari Kemensos, PKH, BPNT maupun bantuan pra kerja. Kita harap bantuan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh yang menerima. Mengingat bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat atas dampak wabah corona atau covid-19," imbuhnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Karya Mulia, Aiptu Asmuni dari Polsek RKT mengatakan bahwasanya keberadaan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam penyaluran BLT DD tersebut tidak lain adalah sebagai bentuk pengamanan sekaligus mengawal pelaksanaan penyaluran BLT DD kepada warga.

“Kami bersama Babinsa mengawal pelaksanaan penyaluran BLT DD kepada warga terdampak Covid-19 bisa lancar serta memastikan tepat sasaran. Karena penyaluran selain berada di Balai Desa juga diantarkan sampai ke alamat rumah penerima,” kata Aiptu Asmuni seraya menuturkan penyaluran bantuan tersebut  berjalan aman dan lancar. (LN 01)

Posting Komentar