Agam, LapartaNews-Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri melakukan kunjungan ke objek wisata Linggai Kecamatan Tanjung Raya yang baru dibuka, Selasa (9/6). Hal tersebut dilakukan untuk memonitoring penerapan tatanan normal baru atau new normal.
Sebelum new normal diterapkan, Pemkab Agam sudah melakukan berbagai persiapan-persiapan seperti sosialisasi, edukasi dan simulasi. Bahkan prinsip social dan physical distancing masih tetap diterapkan.
“Seiring dengan penerapan new normal, kita masih perlu sosialisasi dan mengedukasi masyarakat,” ujarnya Indra Catri
Sebab masih ada sebagian kecil masyarakat beranggapan di masa new normal situasi sudah kembali normal seperti semula, padahal belum. Ini perlu diberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat.
“Di masa new normal, masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena Covid-19 belum berakhir,” ujarnya lagi. 
Menurutnya, akibat belum memahami new normal, bisa saja masyarakat tidak pakai masker dan kerumunan bakal kembali terjadi.
“Maka dengan telah kembali dibukanya objek wisata, kita berharap agar petugas terus mengedukasi pengunjung terkait penerapan new normal ini,” ungkapnya.
Bahkan di objek wisata juga disediakan masker dan tempat cuci tangan. Termasuk cek suhu dan pembatasan jumlah pengunjung juga diberlakukan.
Hal ini kata Indra Catri sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.
Tidak hanya itu, Pemkab Agam juga melakukan sistem non tunai dalam memungut retribusi objek wisata, yang mulai diterapkan di Linggai. Saat kunjungan, secara langsung Indra Catri melakukan uji coba retribusi non tunai menggunakan kartu brizzi miliknya.
“Dengan sistem non tunai, transaksi dengan uang dapat dihindari yang menjadi salah satu media penyebaran Covid-19,” ulasnya. (AL) 

Posting Komentar