Prabumulih, LapartaNews – Membiasakan diri menabung sejak kecil tentu akan memberikan manfaat besar di kemudian hari. Hal inilah yang disampaikan oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM kepada para pelajar di SMP N 5 Prabumulih.

Ajakan menabung sejak dini disampaikan oleh Ridho Yahya dalam kegiatan "Walikota Mengajar" yang digelar oleh Bank Sumsel Babel (BSB) Kota Prabumulih. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka program Satukan Aksi Keuangan Inklusif Untuk Indonesia Maju (AKSESSKU) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2020.

Dalam kegiatan Walikota Mengajar yang dilakukan secara online itu, Ridho Yahya didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih Kusron MSI serta Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Lutfi SAg MM dan Pimpinan Cabang (Pinca) BSB Tian K Yamin melakukan interaksi jarak jauh bersama para siswa SMP N 5, Jumat (02/10/2020).

Ridho mengaku, meski di tengah pandemi wabah corona namun semangat siswa dalam belajar secara online tetap tinggi. Bahkan Ridho juga turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BSB Kota Prabumulih yang telah memberikan kemudahan serta bantuan kepada para pelajar untuk membuka rekening di BSB.

"Tentunya kita senang dan bangga atas bantuan dan kepedulian BSB. Para pelajar yang ingin menjadi nasabah di BSB kini diberikan kemudahan untuk membuka rekening. Pastinya anak-anak akan senang dan jadi terbiasa untuk rajin menabung demi masa depan mereka," ujar Ridho Yahya.

Sementara itu, Pinca BSB Kota Prabumulih Tian K Yamin menuturkan, banyak manfaat yang akan didapatkan oleh anak-anak jika telah membiasakan diri rajin menabung sejak kecil. Untuk itu pihaknya bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kesempatan untuk menjadi nasabah bagi para pelajar yang ingin menabung.

BSB Kota Prabumulih telah memberikan biaya bantuan berupa pembukaan 200 rekening pelajar Simpanan Pelajar (Simpel) dengan total Rp 5 juta, dan bantuan untuk sekolah sebesar Rp 5 juta.

"Bahkan untuk memudahkan pelajar membuka rekening di BSB kita akan langsung jemput bola ke sekolah. Melakukan pendataan dan registrasi tanpa dipungut biaya. Bahkan saldo awal senilai Rp25 ribu per siswa juga kita bantu," jelas Tian.

Masih kata Tian, membiasakan diri menabung sejak kecil tentu akan membuat pelajar dapat berhemat. Sebab manfaat yang didapat di masa depan akan sangat terasa dibandingkan mereka yang lebih suka bersikap boros.

"Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Pepatah inilah yang harus ditanamkan kepada anak-anak agar mereka bisa mengatur keuangan mereka sendiri. Untuk itu marilah kita tanamakan kebiasaan menabung sejak kecil kepada anak-anak kita untuk mendapatkan manfaat yang besar di masa depan," tandasnya.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penanda tanganan Deklarasi Sekolah Ramah Anak SMP Negeri 5 Prabumulih.

Yang ditanda tangani langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel, Kepala Sekolah SMPN 5, Pengawas Sekolah SMPN 5, dan perwakilan siswa. (LN 01)

Posting Komentar