Prabumulih, LapartaNews - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Prabumulih menggelar kegiatan Orientasi Peningkatan Status dan Calon Anggota baru. Giat ini diikuti sebanyak 28 peserta yang terdiri dari 14 anggota peningkatan status dan 14 anggota baru.

Kegiatan orientasi ini dibuka langsung oleh Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar SPd MSi, di Gedung Kesenian Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Kamis (25/02/2021).

Turut hadir dalam pembukaan orientasi tersebut Asisten I Drs Aris Priadi, Kadiskominfo Mulyadi Musa, Legal & Relations CSR Analyst PT Pertamina EP Imam Maulana beserta unsur forkopimda lainnya.

Dalam sambutannya, Firdaus menuturkan, kegiatan orientasi peningkatan status dan anggota baru ini merupakan kegiatan rekrutmen yang harus dilakukan untuk menjadi anggota  PWI. Dengan demikian status legalitas keanggotan PWI dapat dipertanggungjawabkan dalam urusan organisasi.

"Untuk menjadi anggota PWI adalah orang yang memang benar-benar profesinya sebagai wartawan. Tujuannya tidak lain adalah untuk memfilter atau menyaring wartawan yang aktif di PWI. Selain itu orientasi ini juga bertujuan untuk memperketat keanggotaan yang ada di daerah maupun provinsi," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Firkom ini menegasakan, dengan keikutsertaan rekan-rekan media atau wartawan dalam organisasi ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi insan pers dalam menjalani tugas dan fungsinya sebagai wartawan. Di samping itu orientasi Peningkatan Status dan Calon Anggota baru juga diharapkan bisa menciptakan anggota PWI yang memiliki nilai idealisme dan integritas.

"Apalagi di era saat ini, kita sebagai insan pers harus mampu menjadi wartawan yang berkualitas dan profesional. Sehingga kita tidak dianggap sebagai wartawan kacangan atau wartawan abal-abal yang tidak bisa menulis berita," tegasnya seraya menyebut untuk saat ini anggota PWI di Sumsel sudah berjumlah kurang lebih 1000 anggota.

Lebih lanjut diungkapkannya, organisasi PWI ini secara keorganisasian sudah teruji karena sudah ada sejak awal kemerdekaan hingga sekarang.

“PWI ini berdiri atau lahir pada 9 Februari 1946 di Solo dan hingga sekarang. Artinya organisasi PWI ini organisasi tertua yang maksud dan tujuannya sama-sama untuk menjaga keutuhan NKRI,” ungkap Firdaus.

Sementara itu Ketua PWI Kota Prabumulih, Mulwadi menyampaikan untuk saat ini jumlah anggota PWI Kota Prabumulih tercatat sebanyak 54 orang. Jumlah ini kembali bertambah 14 orang sebagai anggota baru.

"Jika 14 orang anggota baru ini lulus semua maka jumlah anggota PWI Prabumulih sebanyak 68 orang. Kita berharap melalui orientasi ini rekan-rekan pers bisa menunjukkan dirinya jadi profesionalitas dalam menjalankan tugas sebagai wartawan," pungkasnya. (LN 01)

Posting Komentar