Prabumulih, LapartaNews - Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM meminta seluruh Ketua RT untuk lebih meningkatkan kesadaran warganya dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini disampaikan walikota saat memimpin rapat bulanan yang dihadiri seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat serta lurah di ruang rapat lantai 1 kantor Pemkot Prabumulih, Senin (01/02/2021).

Ridho mengatakan, menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab bersama. Untuk itu ketua RT sebagai perpanjangan tangan pemerintah harus bisa menjadi contoh bagi warganya.

"RT harus aktif mengajak warganya bergotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan. Semuanya harus diawali dari tingkat RT, kelurahan dan kecamatan," ujar Ridho.

Masih kata Ridho, lurah dan camat juga harus ikut andil dalam mengarahkan seluruh RT untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga bertanggungjawab dalam melakukan pemantauan di lapangan.

"Kita juga sudah sampaikan hal ini kepada lurah, camat serta kepala dinas terkait. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini, menjaga kebersihan lingkungan harus ditingkatkan lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dwi Koryani menambahkan, pihaknya akan membentuk tim penilai yang akan melakukan penilaian kebersihan lingkungan dari tingkat RT, kelurahan dan kecamatan. Melalui penilaian ini pihaknya akan mengetahui daerah mana yang aktif dalam menjaga dan menciptakan kebersihan lingkungan.

"Penilaian ini dilakukan bukan untuk perlombaan, namun dapat dijadikan sebagai perbandingan bagi seluruh RT, lurah dan camat," pungkasnya. (LN 01)


Posting Komentar