Muba, LapartaNews - Ratusan pesilat atau atlet pencak silat yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel memperebutkan gelar juara dalam Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup II tahun 2021 di SMK Negeri 3 Sekayu, Jumat (19/3).

Ketua IPSI Muba, Drs Thabrani Rizky mengatakan, kejuaraan tersebut merupakan kali kedua untuk piala Bupati Cup, seharusnya digelar pada tahun lalu karena kondisi pandemi sehingga diundur tahun 2021 sekarang.

"Namun, kejuaraan pencak silat di tengah pandemi ini, kita tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga para pesilat yang mengikuti kompetisi harus mentaati dan menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan," ungkap Thabrani.

Sedangkan, untuk jumlah peserta yang ikut, lanjut pria yang juga menjabat Seketaris DPRD Muba, ada 325 pesilat dari 16 perguruan yang ada di wilayah Kabupaten Muba. Sedangkan jenis pertandingan seni serta tarung untuk tingkat remaja dan dewasa. "Kejuaraan ini juga persiapan dalam menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Popda) untuk remaja dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) untuk dewasa yang rencananya diadakan di Kabupaten OKU, " jelasnya.

Sementara, Kepala Dispopar Muba, Muhammad Fariz, menyambut baik atas kejuaraan Bupati Cup II yang diselenggarakan oleh Pengcab IPSI.

"Langkah Pengcab dari kami sangat apresiasi, apalagi saat ini ketuanya aktif dan selalu memberikan perhatian untuk kemajuan Pencak Silat," ujarnya. 

Diharapkan, dengan adanya event ini InsyaAllah akan menjadikan uji tanding dalam kesiapan menghadapi Porprov di OKU Raya November mendatang dan pastinya akan timbul bibit-bibit Lokal yang nantinya dapat di bina untuk masuk PPLPD Muba Cabor Pencak Silat dan secara berkelanjutan menjadi Atlet KONI Muba.

"Mudah-mudahan dari kejuaraan ini bisa melahirkan pesilat-pesilat yang bisa berprestasi hingga ke level Nasional bahkan Internasional", tandasnya. (ril/ags)

Posting Komentar