Subscribe Us

PJ Bupati PALI Apresiasi Kinerja TP PKK Atasi Limbah Rumah Tangga


PALI, LapartaNews - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan dan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten PALI menggelar acara Sosialisasi Pembangunan Air Limbah (SPAL) sebagai sarana pengolahan air limbah produksi rumah tangga sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan sehat dan juga meminimalisir pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga , Kamis (20/05/2021).

Sosialisasi dengan mengusung tema "Dengan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) Kita Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat Menuju Keluarga Sejahtera" tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Pj Bupati PALI H Rosidin Hasan M PDi dengan didampingi oleh Ketua TP. PKK PALI Hj. Elly ismiani, S.Pd, Kepala Dinas Pu Perkim Dayat, Kepala Dinas Dishub Suhartopo, Kepala Dinas Bappeda Ahmad Jhoni, Kepala Dinas DPMD A. Gani, dan anggota TP PKK Se- Kabupaten PALI.


Rosidin Hasan menyampaikan apresiasinya terhadap program kerja TP PKK Kabupaten Pali yang ikut menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui bidang kesehatan.

"Saya sangat mengapresiasi program seperti ini, apalagi SPAL bertujuan untuk membentuk lingkungan bersih yang tentunya akan berdampak  terciptanya masyarakat yang sehat," ungkap Rosidin saat membuka sosialisasi SPAL yang di laksanakan dilapangan Gelora November Kabupaten PALI.


Pj Bupati PALI ini juga berharap  kepada semua anggota TP PKK baik dari tingkat Desa, Kelurahan dan Kabupaten yang hadir pada sosialisasi tersebut bisa menyampaikan ke masyarakat.

"Ya, kita berharap anggota TP. PKK yang ikut pada sosialisasi ini bisa memberikan penyampaian ke masyarakat untuk ciptakan hidup sehat, dengan memperbaiki saluran air limbah dari rumah yang akan dikelola melalui SPAL yang Baik." jelasnya.

Untuk diketahui program sanitasi pengolahan limbah rumah tangga yang di laksanakan oleh TP PKK Kabupaten Pali dalam pelaksanaannya akan menggandeng dua dinas terkait, yakni Dinas Perumahan dan Pemukiman dan Dinas Kesehatan.


"Untuk Dinas Perkim berperan sebagai penanggung jawab Teknis, seperti korelasi hubungan kerjasama menangani dibidang seperti pembangunan sanitasi dan saluran pembuangan air limbah, sementara untuk  Dinas Kesehatan berperan pada pengawasan program PKK di bidang kesehatan dalam pengelolaan saluran pembuangan air limbah SPAL, dan pendampingan program program sanitasi lainnya," terang Dirman ST, selaku narasumber dari Dinas Perkim didampingi Hengki selaku narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten PALI.

Lebih lanjut narasumber memberikan penjelasan apa itu limbah rumah tangga maupun berbagai macam jenis limbah, dan diteruskan dengan pemaparan bagaimana dan seperti apa proses pembuatan SPAL yang nantinya akan di bangun dengan menggunakan 100% anggaran pusat (adv/LN 01)

Posting Komentar

0 Komentar