Subscribe Us

UMKM Mitra Binaan LPB PAKIGA Dapatkan Pelatihan Dari CSR Pama Tanjung Enim


Tanjung Enim, LapartaNews - Bermacam bentuk pelatihan dari beberapa UMKM yang merupakan mitra binaan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Kite Gale (PAKIGA) terus di lakukan demi membantu para pelaku UMKM agar bisa meningkatkan penghasilan demi mendongkrak ekonomi keluarga.

Kali ini CSR PT.Pama Tanjung Enim melalui LPB PAKIGA menggelar Pelatihan Olahan makanan basah berbahan baku jamur tiram dan ikan,yang di gelar di ruang LPB PAKIGA yang beralamat di Jalan Lingga Raya No.296 Dusun IV Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim,Kamis (19/08/2021).

Gelar acara tersebut di ikuti oleh 15 orang peserta Mitra Binaan dari tiga kecamatan,yaitu Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung dan Kecamatan Muara Enim.Kegiatan ini bukan hanya mendengarkan materi secara  lisan dari Nara Sumber atau Pemateri tapi juga langsung praktek cara olahan makanan dari bahan baku jamur tiram dan ikan.

Hadir dalam gelar acara tersebut selain ke 15 orang peserta pelatihan juga langsung di hadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim Surdin,SE.M.Si, CSR Officer Pama Tanjung Enim Joko Budi Koordinator LPB  PAKIGA Rusdy, Pemateri UMKM Perikanan Sunarwan,Pemateri UMKM Jamur Tiram Sri Astuti.

Dalam penyampaian materi nya Sunarwan dan Sri Astuti menyampaikan cara Budidaya dan olahan makanan dari bahan masing-masing bidang.Materi yang disampaikan adalah hasil dari pengalaman yang mereka dapatkan dilapangan dalam istilahnya berbagi ilmu kepada para peserta.

Dalam kata sambutannya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim Surdin,SE.M.Si menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada CSR Pama melalui LPB PAKIGA yang telah mempelopori atau mempasilitasi pelatihan ini untuk melakukan pembinaan dan pengembangan usaha yang dikelola oleh ibu-ibu UMKM yang ada di Ring Satu ini.

"Sudah banyak perusahaan yang telah menyalurkan dana CSR nya untuk keperluan pembinaan bagi para pelaku usaha yang ada di sekitar wilayah operasionalnya termasuk PT.Pama ini.Karena ini merupakan beban kewajiban bagi perusahaan,dan tentunya diperlukan sinergitas antara pemerintah dan perusahaan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dimana tempat perusahaan itu berada"ungkapnya.

Surdin juga menambahkan,memang kami tahu sudah banyak yang memberikan bantuan,tapi bukan berupa uang tapi berupa ilmu pengetahuan dan peralatan.

"Memang itu yang lebih baik,ibarat pepatah kalau mau memberikan ikan jangan diberikan ikannya,tapi berikanlah pancing nya,sehingga bisa di gunakan dan di nikmati dalam jangka waktu yang lama"jelasnya.

Joko Budi selaku CSR officer PT.Pama menyampaikan harapan nya,dengan adanya pelatihan ini untuk UMKM bisa memberikan nilai tambah dari produk-produk atau usaha yang mereka miliki bisa di kembangkan lebih lanjut.

"Untuk kedepannya kelima belas peserta tadi akan kita bimbing dalam usahanya kita berikan ilmu dan kita akan Fasilitasi untuk pemasaran hasil produk dan sebagainya"jelas Joko.

Ditempat yang sama Rara Brizky Asa Belleza salah satu peserta pelatihan asal Desa Pulau Panggung Kecamatan Tanjung Agung dengan nama usaha Pulau Hidro mengungkapkan rasa terimakasih kepada PT.Pama yang telah menjadikan nya mitra binaan selama ini.Sudah sangat banyak manfaat yang dia rasakan selama menjadi mitra binaan,dari ilmu pengetahuan hingga perekonomian."Semoga dengan pelatihan hari ini menjadikan manfaat yang berarti bagi kami demi mengembangkan bisnis dan usaha yang telah kami geluti selama ini"tutupnya.(Ya2n)

Posting Komentar

0 Komentar