Subscribe Us

Gubernur Sumsel Didampingi Pj Bupati Muara Enim, Buka PEDA KTNA XIV 2021 Di Kecamatan Semende Darat Laut


Muara Enim, LapartaNews - Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) Ke- XIV Tahun 2021 digelar di Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, Senin,( 15/11/2021).

Sesuai dengan bidangnya, KTNA mempunyai tujuan khusus yaitu pengembangan usaha-usaha di bidang Pertanian. Kemudian memperjuangkan hak petani, serta ikut membimbing penerapan teknologi yang mengarah pada sistem agribisnis.

Kegiatan upacara pembukaan yang di pusatkan di Lapangan Batu Tiking, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut. Acara ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, SH.M.M (HD) didampingi Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU), Ketua Umum KTNA Nasional HM Yadi Sofyan Noor serta Ketua KTNA Provinsi Sumsel HM Basyir DA yang ditandai dengan pemukulan getok (kentongan) secara bersama-sama.


Hadir juga dalam upacara pembukaan PEDA KTNA ke XIV tahun 2021 ini Bupati dan Walikota se-Sumsel juga perwakilan dari Menteri Pertanian RI,Kepala Sekolah SMK Pertanian Sembawa, Unsur Forkopimda Provinsi Sumsel, Unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Pejabat dari Provinsi Sumsel termasuk juga Pejabat Kabupaten/Kota se-Sumsel, Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim termasuk para Ketua TP. PKK Kabupaten/Kota se-Sumsel dan para peserta Sekolah Lapangan Tani SL-IPDMIP Kabupaten Muara Enim yang ikut berperan serta berpartisipasi dalam mensukseskan PEDA XIV KTNA 2021 ini juga para tamu undangan lainnya.


Dalam kegiatan tersebut Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru (HD) secara resmi melantik dan mengukuhkan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan KTNA Provinsi Sumatera Selatan masa bhakti 2021- 2026.

Pada kesempatan gelar acara tersebut, Gubernur menyampaikan “Bahwa kami yakin dan percaya kepada saudara-saudari dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, semoga tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi langkah kita semua," harapnya.

Selanjutnya, dalam sambutan usai pengukuhan pengurus KTNA Provinsi Sumatera Selatan, Gubernur mengatakan “Dengan disaksikan sang pencipta, dikelilingi bukit barisan nan hijau, saya mengajak semua Bupati dan Walikota di Provinsi Sumsel serta semua pemangku kepentingan untuk memprioritaskan pertanian sebagai icon-nya Sumsel, dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama para petani dan nelayan telah menggelorakan semangat bertani yang diwujudkan dalam pelaksanaan PEDA KTNA di Bumi Serasan Sekundang,” jelas HD.


Sementara itu, sejalan dengan apa yang diutarakan Gubernur Sumsel, Pj Bupati Muara Enim H.Nasrun Umar (HNU) menegaskan, bahwa Pemkab Muara Enim tentunya berkomitmen mendukung cita-cita Gubernur Sumsel untuk mewujudkan Sumatera Selatan sebagai Lumbung Pangan dan Food Estate Nasional. Oleh sebab itu, Pemkab Muara Enim telah menetapkan lahan pertanian berkelanjutan seluas 16.512 (enam belas ribu lima ratus dua belas) hektar yang tersebar di 17 Kecamatan yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 56 Tahun 2020 tentang Rencana Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan.

Tak lupa, Pj Bupati Muara Enim menyapa peserta KTNA yang berasal dari seluruh penjuru Provinsi Sumsel dan selaku tuan rumah dirinya berharap agar para peserta dapat merasa nyaman selama berada di Bumi Tunggu Tubang, Dataran Tinggi Semende, Kabupaten Muara Enim.(Ya2n/Adv)

Posting Komentar

0 Komentar